https://www.batamnews.co.id

Pemerintah Bakal Distribusikan Vaksin Covid-19 Awal 2021

Menteri Airlangga saat rakor bersama beberapa menteri lainnya di Bintan (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan - Pengadaan dan pembagian vaksin virus Corona (Covid-19) secara masal menjadi salah satu topik pembahasan di Sesi Panel Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite PC-PEN dan Kementerian/Lembaga (K/L) di One-Tree-Hill Laguna Bintan Resort, Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/9/2020).

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, mengenai vaksin, pemerintah sedang menyelesaikan Roadmap Rencana Nasional, dan Rancangan Peraturan Presiden mengenai pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi covid-19.

"Ada roadmap atau master pelayanan untuk imunisasi masal yang disiapkan menteri kesehatan (Menkes)," ujar Airlangga, kemarin.

Kemenkes menargetkan pengadaan vaksin akan sesuai target. Yaitu pada akhir tahun 2020 sudah tersedia dan mulai didistribusikan pada awal tahun 2021. Kemudian, kata Airlangga, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) juga menyampaikan agar proses pengadaan vaksin harus benar-benar diperhatikan dari hulu hingga hilir.

“Sampai vaksin benar-benar diperoleh dan didistribusikan, masyarakat diimbau untuk tetap melaksanakan Protokol 3M, dan Kemenkes terus menjaga ketersediaan obat-obatan yang diperlukan,” katanya.

Lalu peningkatan kapasitas rumah sakit, standarisasi penanganan di rumah sakit, dan tim audit protokol kesehatan pada rumah sakit juga menjadi salah satu topik bahasan.

“Kita juga membahas tentang perlindungan terhadap kelompok rentan (komorbid) dan pelaksanaan program sosialisasi untuk membangun persepsi dan perilaku masyarakat dalam pencegahan penularan Covid-19,” pungkasnya.

(ary)