Unik, Undian Nomor Urut Paslon Pilkada Kepri Pakai Cangkang Gonggong

Unik, Undian Nomor Urut Paslon Pilkada Kepri Pakai Cangkang Gonggong

Anggota KPU Provinsi Kepri Priyo Handoko. (Foto: Sutana/batamnews)

Tanjungpinang - KPU Kepulauan Riau menyelenggarakan tahapan Pilkada dengan pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020, Kamis (24/9/2020).

Anggota KPU Provinsi Kepri Priyo Handoko mengatakan, pengundian dan pengumuman nomor urut paslon ada sentuhan yang sangat bernuansa lokal dalam prosesnya. 

"Kita menggunakan cangkang gonggong untuk meletakkan nomor undian 1 hingga 10 yang menentukan siapa giliran pertama, kedua, dan ketiga untuk pengambilan nomor urut yang di letak dalam akuarium," kata Priyo, di Tanjungpinang, Kamis (24/9/2020).

Priyo menerangkan, ke sepuluh cangkang gonggong tersebut berada dalam akuarium yang sebelumnya telah diisi pasir dan hiasan bernuasa pantai.

"Kami isi dengan pasir pantai. Maskot kami juga terinspirasi dari gonggong. Namanya Si Gosi atau singjatan dari Si Gonggong Demokrasi," tuturnya.

Apa itu Gonggong? lanjut Priyo menceritakan, Ia adalah siput laut endemik di wilayah Kepri, dagingnya sangat lezat dan sangat disukai oleh semua lapisan masyarakat. 

Bahkan saking populernya, ada gedung di Tepi Laut Tanjungpinang dekat Pelabuhan Sri Bintan Pura yang desainnya mengadopsi bentuk cangkang gonggong. 

"Nama gedung tersebut Gedung Gonggong, sangat ikonik dan berdiri megah," ujarnya.

Bukan itu saja terang Priyo ada juga bentuk kreasi yang unik lainya diciptakan yakni Batik motif gonggong yang juga menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Kepri.

"Untuk itu, kami mohon doa untuk kelancaran acara ini. Pemilihan Sehat, Rakyat Selamat, dan Kepulauan Riau Hebat," harap Priyo.

Pencabutan nomor urut paslon tersebut akan digelar di Hotel CK Tanjungpinang.

Sebelumnya diberitakan, KPU Provinsi Kepri menetapkan tiga pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kepri 2020.

Ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri yang ditetapkan itu yakni Ansar Ahmad-Marlin Agustina, Isdianto-Suryani dan pasangan Soerya Respationo-Imam Sutiawan

"Dengan ini kami telah menetapkan tiga pasangan calon setelah menggelar rapat pleno yang digelar di kantor KPU Kepri," kata Ketua KPU Provinsi Kepri Sriwati.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews