Satu Dewan Hakim Nasional MTQ Kepri Positif Covid-19

Satu Dewan Hakim Nasional MTQ Kepri Positif Covid-19

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Satu dari 15 orang Dewan Hakim atau Juri Nasional pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kepri VIII dinyatakan positif Corona.

Ketua Harian Tim Gugus Tugas Cpvid-19 Kepri TS Arif Fadillah mengatakan, sebelum pelaksanaan MTQ VIII Kepri dilakukan upaya screening terhadap seluruh orang-orang yang terlibat dalam kegiatan seperti panitia penyelenggara, petugas gabungan, Dewan Hakim/Juri, peserta dan tamu undangan. 

Tes kesehatan dilakukan dengan metode rapid test dan PCR. Pengambilan swab hanya dilakukan kepada mereka yang berasal dari daerah zona merah.

"Berdasarkan hasil tes dideteksi satu orang anggota Dewan Hakim yang terkonfirmasi Covid-19, dan dua pendampingnya. Ketiga orang tersebut berasal dari Jakarta, dan sejak tadi malam sudah dilakukan tindakan medis di RSUP Kepri," kata Arif dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/9/2020).

Atas hal ini lanjut Arif, tenaga kesehatan langsung melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang kontak erat dengan pasien tersebut.

Ditegaskan Arif, terhadap kondisi tersebut, pelaksanaan MTQ VIII akan tetap berjalan sesuai agenda. Hal itu setelah dilakukan koordinasi dengan Dewan Hakim, maka dlakukan pergantian terhadap anggota Dewan Hakim yang terkonfirmasi positif.

"Kami memberi apresiasi kepada panitia penyelenggara, petugas gabungan dan wartawan yang sangat mendukung penyelenggaraan MTQ tersebut," ujarnya.

"Kami juga menyerukan kepada kita semua untuk selalu menegakkan protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru ini. Semoga Allah selalu memberi kesehatan kepada kita semua amiin," harap Arif.

Ditambahkan Sekda Kepri ini bahwa pelaksanaan MTQ VIII diawasi oleh 200 petugas gabungan TNI dan Polri, Satpol PP, dan anggota Gugus Tugas yang bertugas menegakkan protokol kesehatan. 

"Mereka bersikap humanis dalam menegakkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19," kata Arif.

Perlu diketahui bahwa pada MTQ Provinsi Kepri ke -VIII panitia mendatangkan sebanyak 149 Dewan Hakim nasinal dan Provinsi Kepri.

Dimana untuk Dewan Hakim nasional didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia yang berjumlah 15 orang.

Sementara, Dewan Hakim Provinsi Kepri ada sebanyak 100 orang yang merupakan dari Kabupaten dan Kota se-Kepri. Juga dibantu panitia yakni di bagian lampu, pemandu ayat dan lainnya dengan jumlah 34 orang.

Sebelumnya diberitakan, sedikitnya 1.500 orang diperkirakan akan menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Qu'ran (MTQ) VIII tingkat Provinsi Kepri di Dataran Tepi Laut, Kota Tanjungpinang.

Pembukaan MTQ tingkat Provinsi Kepri sendiri akan dibuka langsung oleh Gubernur Kepri Isdianto pada Sabtu (19/9/2020) malam.

Perlu diketahui dari total 1.500 orang tersebut terdiri dari peserta dari Kabupaten/Kota, panitia, pendukung acara, undangan dan tenaga teknis lapangan pada kegiatan MTQ tersebut.

"Saya pastikan yang akan menghadiri pembukaan MTQ Provinsi Kepri ini sudah menjalani rapid tes dengan hasil non reaktif," kata Isdianto di sela meninjau Astaka MTQ Kepri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews