Pegawai Pemko Batam WFH Lagi Gegara Melonjaknya Kasus Corona

Pegawai Pemko Batam WFH Lagi Gegara Melonjaknya Kasus Corona

Ilustrasi.

Batam - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menerapkan kembali sistem bekerja dari rumah (work from home) bagi pegawai Pemko Batam. Penerapan WFH ini mulai berlaku dari tanggal 18 September - 1 Oktober 2020.

“Selanjutnya akan dievaluasi lebih lanjut sesuai kebutuhan,” ujar Rudi, Jumat (18/9/2020).

Walaupun begitu, para pegawai yang harus bekerja di kantor dapt diperbolehkan, dengan ketentuan jumlah pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor paling banyak 25 persen.

“Pimpinan OPD yang akan mengatur jumlah pegawai yang dapat melaksanakan tugas di kantor ataupun yang WFH,” katanya.

Sistem WFH ini diterapkan kembali karena kasus persebaran Covid-19 di Batam sudah mengkhawatirkan, per tanggal 18 September 2020, tercatat ada 1.089 pasien.

Selain itu, dalam surat edaran juga mengatur ketentuan jika ada ditemukan pegawai yang terpapar Covid-19, maka kantor OPD tersebut harus tutup selama 3 hari.

Kesempatan itu akan digunakan untuk menyemprotkan cairan disinfektan. “Serta mengikuti petunjuk dari satuan tugas Covid-19,” jelas Rudi.

Apabila terdapat pegawai yang terkonfirmasi Covid-19 maka OPD yang dimaksud harus ditutup selama 3 hari dan dilakukan penyemprotan disinfektan, serta mengikuti petunjuk dari Satgas Covid-19

Bagi para pegawai yang menjalankan tes Covid-19, baik itu rapid test maupun pemeriksaan swab, maka wajib karantina mandiri sampai hasil pemeriksaan keluar.

Jika hasilnya positif, pegawai wajib mengikuti karantina di rumah sakit yang telah ditunjuk.  “Setelah sembuh juga harus isolasi mandiri selama 14 hari, atau sesuai dengan ketentuan satgas Covid-19,” terang Rudi.

Kasus bertambah

Kasus virus Corona harian di Kota Batam, Kepulauan Riau bertambah 53 kasus pada Jumat (18/9/2020). Penambahan kasus hari ini merupakan rekor baru kasus Covid-19 di Batam.

Rekor penambahan kasus harian sebelumnya, terjadi akhir Agustus lalu tepatnya Kamis (27/8/2020). Saat itu, ada tambahan 46 kasus dalam satu hari.

Data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam per Jumat (18/9/2020), menyebutkan 53 kasus baru itu terdiri dari 32 orang laki-laki dan 21 orang perempuan.

Didominasi karyawan swasta dan wiraswasta. Sebaran kasus baru ini berada di 8 kecamatan yang berada di Pulau Batam.

Dengan bertambah 53 kasus, jumlah akumulatif kasus Corona di Batam mencapai 1.089 kasus. Rinciannya, 636 orang sembuh, 411 orang sedang dirawat dan meninggal dunia ada 42 orang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews