Ini Hasil Swab 24 Orang yang Kontak Erat dengan ASN Positif Corona di Lingga

Ini Hasil Swab 24 Orang yang Kontak Erat dengan ASN Positif Corona di Lingga

Ilustrasi (Foto: Batamnews)

Lingga - Dua Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau (Kepr), Tn. MA (60) dan Ny. M (49) positif terkonfirmasi virus Corona, Jumat (11/9/2020) lalu.

Saat ini, kedua ASN yang diketahui sebagai pasangan suami istri tersebut masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Kepri di Tanjungpinang.

Berdasarkan tracking tim surveilans Dinas Kesehatan, Puskesmas Daik serta RSUD Encek Mariyam, didapat hasil 24 orang kontak erat dengan kedua ASN tersebut.

Baca: Punya Riwayat Perjalanan ke Pekanbaru, Dua ASN Pemkab Lingga Positif Corona

Namun, kesemuanya telah dilakukan pengambilan spesimen swab tes-pcr H-1 pada 12 September dan pengambilan H-2 pada 13 September, kemudian dikirim ke BTKLPP Kelas I Batam. Hasilnya sudah pun keluar.

"Hasil swab RT-PCR terhadap 24 orang yang kontak erat H-1 dan H-2 dinyatakan negatif covid-19. Selanjutnya kontak erat dinyatakan discarded," ucap Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra kepada Batamnews, Rabu (16/9/2020) malam.

Meski hasil swab RT-PCR menyatakan ke-24 orang tersebut negatif, tapi mereka akan tetap menjalani karantina mandiri hingga batas waktu yang ditentukan, yakni selama 14 hari.

Baca: Kontak Erat dengan 2 ASN Positif Corona, 24 Orang di Lingga Karantina Mandiri

"Jadi mereka ini masih tetap karantina mandiri. Mereka juga tidak akan di swab lagi, kecuali muncul gejala. Kalau sehat, tak perlu swab kembali," ujarnya.

Dengan demikian, Wirawan mengajak masyarakat Kabupaten Lingga untuk tetap mentaati protokol kesehatan, peningkatan kewaspadaan dan kesadaran disiplin secara terus menerus. Hal ini tak lain untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Negeri Bunda Tanah Melayu.

(ruz)