Satu Lagi Pasien Covid di Bintan Meninggal Dunia

Satu Lagi Pasien Covid di Bintan Meninggal Dunia

Pemakaman MB pasien Covid-19 di TPU Tanjunguban oleh petugas. (Foto: ist/Batamnews)

Bintan - Pria berinisial MB (52 tahun) Pasien Covid di Kabupaten Bintan nomor 74 dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaeni, membenarkan hal itu. Jenazah sudah dimakankan sesuai penanganan covid-19 di TPU Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara.

"MB adalah pasien corona kasus ke 74. Dia meninggal semalam, Senin (7/9/2020) dan dimakamkan dengan protokol kesehatan atau sesuai penanganan covid-19," ujar Gama, Kamis (10/9/2020).

MB ini diketahui berdomisili di Jalan Datuk Syahbandar, RT 002/ RW 001, Tanjunguban Selatan, Kecamatan Binut. Bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri maupun luar daerah yang banyak kasus covid-19.

Namun pada Selasa (1/9/2020) bersangkutan mengalami batuk dan sesak napas. Lalu menjalani perawatan di RSUD Engku Haji Daud (EHD) sekaligus langsung menjalani isolasi.

"Hasil swab-nya positif sehingga pasien itu menjalani isolasi di RSUD EHD. Beberapa hari menjalani isolasi, MB meninggal dunia," jelasnya.

Sementara itu, Camat Bintan Utara, Firman Setiawan mengatakan, pasien mengalami sakit dengan gejala menyerupai Covid-19 pada 1 September lalu. Disaat itu juga ia sempat menjalani Rapid Diagnostic Test (RDT) di Puskesmas Tanjunguban. "Hasilnya reaktif covid-19. Lalu dirujuk ke RSUD EHD sekaligus dirawat disana," katanya.

Selama dirawat di RSUD EHD, MB melakukan pengambilan swab untuk dicek melalui Polymerase Chain Reaction (PCR) sebanyak 2 kali.

Pertama hasilnya positif covid-19 lalu dilanjutkan dengan pengambilan swab ke dua. "Namun sebelum keluar hasil swab kedua MB meninggal dunia dan dimakamkan di TPU Tanjunguban. Dua hari kemudian swab-nya baru keluar dan masih positif covid-19," sebutnya.

Ketika dinyatakan positif Covid-19, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan langsung melakukan tracing terhadap orang-orang yang berkontak erat.

Ada 3 orang yang juga menjalani pengambilan swab tenggorokannya. Yaitu istri dan kedua anaknya.

"Hasil swab keluarga almarhum belum keluar. Kita berharap semoga negatif," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews