Marlin dan Rudi Jalani Tes Kesehatan juga Psikometri, Jawab 527 dalam 2 Jam

Cawagub Kepri Marlin Agustina dan Cawawako Batam Amsakar Achmad saat menjalani tes kesehatan dan psikometri di RSBP Batam. (Foto: ist)

Batam - Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina dan Calon Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, Senin (7/9/2020) siang, mendatangi Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam di Sekupang, untuk menjalani pemerikaan kesehatan. 

Bersama Marlin dan Rudi hadir juga masing-masing pasangan calon (paslon) kepala daerah Kepri, Kota Batam dan Kabupaten Karimun.

"Hari ini pemeriksaan kesehatan tiga paslon gubernur dan wakil gubernur, dua paslon wali kota dan wakil walikota Batam dan dua pasang paslon bupati dan wakil bupati Karimun," kata Direktur RSBP Batam Afdhalun Hakim.

Tiga paslon Pilkada Kepri, yaitu Ansar Ahmad-Marin Agustina, Isdianto-Suryani dan Soerya Respationo-Iman Sutiawan.

Kemudian dua paslon Pilkada Batam yaitu H Muhammad Rudi-Amsakar Achmad, dan Lukita Dinarsyah Tuwo-Abdul Basyid, serta dua paslon Karimun yaitu Iskandar-Anwar dan Aunur Rafiq-Anwar Hasyim.

Seluruh paslon dari tiga pilkada ini menjalani pemeriksaam jasmani, jiwa dan narkotika dalam waktu dua hari. 

Semuanya dilaksanakan di RSBP Batam. Tim dari BNN sengaja membawa alatnya ke rumah sakit itu.

Ia menyampaikan, pada hari pertama, paslon menjalani pemeriksaan kesehatan fisik dan narkotika. Pemeriksaan kesehatan fisik, antara lain meliputi jantung, paru, mata, ortopedi, obgyn, gigi, dan saraf.

"Mereka USG, USG jantung, treadmil tes," kata Afdhalun.

Ia menyatakan hasil tes kesehatan nanti akan dilaporkan ke KPU. IDI telah memiliki kategori orang yang dinyatakan sehat dan tidak sehat. Ini berlaku sama untuk paslon gubernur-wakil gubernur dan walikota-wakil walikota.

Dalam kesempatan itu, ia menyebutkan RSBP Batam menyiapkan pelayanan VVIP untuk setiap paslon yang memeriksakan kesehatan. Termasuk masing-masing perawat yang bertugas mendampingi.

"Standar VVIP. Setiap orang ditemani dan diantar perawat ke mana-mana," kata dia.

Sementara itu, calon Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad dalam akun Facebook-nya menulis tentang pengalamannya menjalani tes kesehatan itu.

"Semua di cek, telinga, mata, nafas, jantung, paru2, ginjal, hati, empedu, usus, bahkan (maaf) anus; dan yg paling berat menurut saya adalah tes psikometri, karena durasinya 2 jam menjawab 527 pertanyaan tidak boleh merokok, berat way, tp berkat doa semua, insyaAllah hasilnya baik2 saja," terangnya. *

(ADV)