BMKG Prediksi Hujan Guyur Lingga Beberapa Hari Kedepan

BMKG Prediksi Hujan Guyur Lingga Beberapa Hari Kedepan

BMKG prediksi Lingga diguyur hujan beberapa hari kedepan (Foto:Batamnews)

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, memprakirakan sejumlah wilayah di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akan diguyur hujan selama beberapa hari kedepan.

Hal ini terjadi karena adanya belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Kepri yang juga berdampak di Kabupaten Lingga, sehingga menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan.

"Secara umum kondisi cuaca beberapa hari kedepan diprakirakan hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang," ucap Kepala BMKG Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu kepada Batamnews, Kamis (3/9/2020).

Ia menjelaskan, normal curah hujan 30 tahunan (1990-2019) menunjukkan rata-rata curah hujan pada bulan September berkisar 187,7 mm. Berdasarkan peta prakiraan curah hujan pada bulan September di wilayah Kabupaten Lingga, diperkirakan curah hujan berada pada batas normal dengan prakiraan curah hujan besar dari 150 mm.

"Musim kemarau tahun 2020 secara umum diprediksi lebih basah dari musim kemarau tahun 2019, sehingga potensi cuaca pada bulan September di wilayah Kabupaten Lingga cenderung hujan," ujarnya.

Dengan demikian, Sahat mengimbau agar pengguna jasa transportasi laut dan para nelayan untuk selalu waspada terhadap gelombang lau yang dapat mencapai ketinggian 1,5 meter di wilayah perairan Lingga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews