BMKG Prediksi Hujan Guyur Batam Selama Sepekan

BMKG Prediksi Hujan Guyur Batam Selama Sepekan

Ilustrasi.

Batam - Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah Kota Batam, Kepulauan Riau diprediksi akan terjadi dalam sepekan ke depan.

Forecester on duty BMKG Hang Nadim Batam, Riza Januarti  menjelaskan, kondisi cuaca di Batam dalam lima hari ke depan masih akan tetap seperti ini.

“Masih ada potensi untuk terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang, terutama pada pagi dan siang hari,” ujar Riza saat dihubungi, Selasa (1/9/2020).

Riza menyebutkan bahwa untuk pemicu hujannya sendiri, dilihat dari analisis anginnya memang untuk Kota Batam saat ini ada belokan angin atau shareline dan juga ditambah adanya sirkulasi tertutup (eddy).

“Untuk eddy-nya sendiri adanya di Kepulauan Natuna, sehingga ada belokan angin di sekitar Kota Batam,” kata Riza.

Eddy ini yang mempengaruhi pembentukan awan-awan hujan dan kelembaban di wilayah Kota Batam memang cukup tinggi untuk proses pembentukan awan hujan.

Sedangkan untuk wilayah perairan sendiri, tinggi gelombang mencapai 1,5 hingga 2 meter di Perairan Timur Bintan, Perairan Timur Lingga dan di sekitar Kepulauan Anambas.

“Jadi harus hati-hati, karena sudah masuk kategori sedang dan cukup mempengaruhi kapal-kapal kecil seperti kapal-kapal penangkap ikan,” ucap Riza.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews