Nizar Gesa 11 Desa Persiapan di Lingga Jadi Definitif

Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar saat menghadiri acara syukuran terbentuknya Desa Persiapan Buyu, Senin (31/8/2020) kemarin (Foto:Ist/Humas Pemkab Lingga)

Lingga - Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar berharap agar seluruh desa persiapan yang telah dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, dapat segera menjadi desa definitif. Saat ini ada sebanyak 11 desa persiapan di Negeri Bunda Tanah Melayu itu.

Orang nomor dua di Kabupaten Lingga ini menjelaskan, pemekaran 11 desa induk menjadi desa persiapan itu bukan semata-mata keinginan pemerintah daerah. Tapi juga merupakan aspirasi masyarakat.

"Maka dari itu, mari kita perjuangkan sama-sama agar desa persiapan ini bisa menjadi desa definitif," ucap Nizar saat menghadiri kegiatan syukuran terbentuknya Desa Persiapan Buyu, Kecamatan Bakung Serumpun, Senin (31/8/2020) kemarin.

Baca: Pemkab Lingga Mekarkan 11 Desa Baru

Ia melanjutkan, dari desa persiapan untuk menjadi desa definitif memang diberikan waktu yang cukup panjang, yakni selama 3 tahun. Namun dalam waktu per-6 bulan, tim dari kabupaten dan provinsi akan turun untuk melakukan evaluasi.

“Bilamana dalam 6 bulan sudah dianggap layak untuk diusulkan ke DPRD dan dijadikan Perda, maka tidak harus menunggu sampai 3 tahun. Dan saya berharap 11 desa persiapan yang telah dilantik dan dibentuk dapat bersama-sama serentak menjadi defenitif,” ujarnya.

Nizar pun menaruh harapan besar kepada para Pjs Kepala Desa Persiapan. Tugas utama yang harus dilakukan Pjs Kades dan perangkatnya yakni bekerjasama untuk segera menjadi desa definitif.

“Memang kita memaklumi ini berat, karena kita keterbatasan masalah biaya. Tapi percayalah, pemerintah daerah, Alias Wello dan Muhammad Nizar serta DPRD Lingga tidak menutup mata, Insya Allah untuk desa persiapan ini semuanya kita bantu operasionalnya minimal Rp100 juta per desa,” sebut Nizar.

Kemudian untuk pembangunan dan usulan program, Nizar menyarankan untuk tetap berkoordinasi dengan desa induk. "Jaga kekompakan, tingkatkan solidaritas, mari kita bangun Lingga yang kita cintai ini menjadi lebih maju dan sejahtera,” pungkas Nizar.

Sebagaimana diketahui, adapun 11 desa persiapan di Lingga itu yakni, desa persiapan Kebun Nyiur, Cempaka, Buyu, Sebung, Kentar, Busung, Berjung, Bendahara, Pasir Lulun, serta desa persiapan Senempek dan desa persiapan Air Batu.

(ruz)