BP Batam Buka Ruang dan Saran Pembangunan IPAL Modern

BP Batam Buka Ruang dan Saran Pembangunan IPAL Modern

Masterplan pembangunan IPAL di Batam.

Batam - Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) merupakan struktur pengolahan limbah domestik yang akan memisahkan antara limbah biologis dan kimia. 

Proyek ini kini tengah dikerjakan oleh BP Batam bekerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan PT. Hansol. Tujuannya untuk meningkatkan pengolahan limbah di Batam serta melindungi sumber air bersih dari polusi air pemukiman

Dalam pengerjaan proyek IPAL ini, BP Batam juga membuka ruang dan saran bagi masyarakat untuk terus mewujudkan pembangunan IPAL Modern. 

Manajer Pengelolaan Lingkungan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Iyus Rusmana mengatakan ruang dan saran telah dibuka sejak awal pengerjaan proyek IPAL Batam. 

“Ya segala masukan dan complain masyarakat akan ditampung dan ditindaklanjuti. Untuk kotak saran sendiri, masyarakat bisa mengirim ke https://bpbatam.lapor.go.id/,” kata Iyus. 

Selain melalui link di website, Iyus mengaku selama melaksanakan sosialisasi pemasangan jaringan pipa IPAL, BP Batam juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan saran secara langsung. 

“Saat sosialisasi juga disampaikan dan kami juga berkomunikasi dengan masyarakat. Kami juga bagi-bagi brosur yang di dalamnya ada kotak pengaduan,” ujar Iyus. 

Menurut Iyus sejauh ini masyarakat sangat kooperatif dalam penyampaian saran. Terutama terkait kekhawatiran bau yang ditimbulkan dari pengolahan limbah. 

Saat ini BP Batam juga telah mengembangkan teknologi dalam pengolahan limbah domestik tersebut, Untuk penguraian limbah di Waste Water Treatment Plan Bengkong Sadai telah menggunakan teknologi bakteri. Sedangkan limbah yang diolah akan melalui treatment deodorize untuk menghilangkan bau. 

(ADV)