Malaysia Berencana Gratiskan Vaksin Corona untuk Semua Warganya

Malaysia Berencana Gratiskan Vaksin Corona untuk Semua Warganya

Pemerintah Malaysia berencana memberikan vaksin corona gratis kepada warganya (Foto:ist/net)

Jakarta - Pemerintah Malaysia tengah mempertimbangkan vaksin virus Corona (Covid-19) gratis untuk semua warga. Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia akan merekomendasikan kabinet untuk mempertimbangkan hal tersebut.

Dikutip dari laman Channel News Asia, wacana untuk menggratiskan vaksin virus Corona itu diungkapkan oleh menteri Khairy Jamaluddin pada Rabu (19/8/2020).

"Kabinet belum memutuskan, tapi, rekomendasi saya adalah vaksin virus Corona itu harus diberikan kepada semua warga Malaysia secara gratis," ujar Khairy dalam konferensi pers.

Khairy mengatakan, saat ini Malaysia tengah dalam pembicaraan dengan China terkait vaksin. Pembicaraan membahas potensi nota kesepahaman untuk memastikan akses vaksin Covid-19 saat sudah terbukti aman digunakan.

Khairy menambahkan, selain China, Malaysia juga sedang mencari produsen vaksin lainnya.

"Divisi Regulator Farmasi Nasional di bawah Kementerian Kesehatan meminta data dari uji klinis untuk dibagikan sebelum pembelian dapat disetujui," kata Khairy.

"Data itu akan memberi tahu kita apakah vaksin itu aman dan efektif," tambahnya.

Khairy mengatakan, kementeriannya telah ditugaskan oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin untuk bernegosiasi langsung dengan produsen vaksin sehingga Malaysia dapat membelinya dengan harga terbaik.

Selain itu, Khairy juga menyatakan keprihatinannya atas pemerataan akses vaksin, terutama untuk negara berkembang seperti Malaysia. Dia mengatakan perusahaan farmasi besar cenderung mengunci penjualan untuk negara besar.

"Kami tidak suka melihat negara melakukan pembelian di muka dengan perusahaan farmasi, memonopoli pembelian vaksin Corona. Itu terjadi saat ini," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews