Tabrak Kapal Patroli, Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam

Tabrak Kapal Patroli, Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam

Ilustrasi. (Foto: Batamnews)

Kuala Lumpur - Penjaga pantai Malaysia menembak mati seorang nelayan Vietnam yang kapalnya mencoba menabrak kapal patroli di Laut Cina Selatan, kata seorang pejabat, Senin.

Insiden itu terjadi di perairan Malaysia, di mana nelayan setempat pernah mengeluh tentang kapal nelayan Vietnam yang merusak jala mereka.

Kepala penjaga pantai Zubil Mat Som mengatakan kepada AFP bahwa dua kapal nelayan Vietnam telah memasuki perairan Malaysia sekitar 80 mil laut dari Tok Bali, di lepas pantai timur laut negara bagian Kelantan pada Minggu (16/8/2020) malam.

"Awak penjaga pantai sebelumnya telah melepaskan tembakan peringatan ke udara tetapi setelah mereka menabrak dan melemparkan sebotol bensin, anak buah saya tidak punya pilihan selain melepaskan tembakan untuk pertahanan diri," kata dia dikutip Batamnews dari The Star, Rabu (19/8/2020).

Zubil menuduh kru Vietnam telah melempar bensin dan ban untuk mencoba dan membakar kapal penjaga pantai, yang rusak oleh "serudukan agresif".

Seorang nelayan Vietnam menderita luka tembak dan dinyatakan meninggal setelah dia dibawa ke pantai.

"Kami sedih dengan kejadian mematikan ini. Tapi saya bisa menjamin ... anak buah saya mengambil tindakan ini untuk melindungi hidup mereka dan untuk melindungi kedaulatan nasional kami," tambah Zubil.

Kapal Vietnam dengan 20 awak sisanya ditarik ke dermaga penjaga pantai.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews