Peningkatan Jaringan Telekomunikasi di Senempek Lingga Tunggu Rekomendasi Pusat

Pelajar di Dusun Senempek, Desa Limbung, sangat berharap dapat dengan mudah mengakses jaringan internet (Foto:istimewa untuk Batamnews)

Lingga - Jaringan telekomunikasi berbasis data (internet) di Desa Persiapan Senempek, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, hingga hari ini masih belum normal.

Kepala Bidang (Kabid) e-government, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Dinas Kominfo Lingga, Ady Setiawan mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu persetujuan Telkomsel pusat untuk penempatan repeater (penguat sinyal) di desa tersebut.

Baca: Kominfo Lingga Jajaki Telkomsel Bahas Jaringan Internet di Senempek

"Kita masih menunggu persetujuan Telkomsel pusat. Masih menunggu approval budget. Kalau perangkat sudah ready sama pihak Telkomsel," kata dia kepada Batamnews belum lama ini.

Ady mengaku belum bisa memastikan kapan pemasangan repeater atau peningkatan jaringan di wilayah ini dapat dilakukan. Meski begitu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak Telkomsel Tanjungpinang.

"Tapi untuk peralatan pendukung sudah kita dudukkan dengan kepala desa. Kebetulan beberapa waktu lalu kita juga sudah turun ke lokasi. Rencananya repeater itu nanti lokasi pemasangannya di menara masjid," ujarnya.

Sebelumnya, salah seorang tokoh pemuda Dusun Senempek, Rasyid Maulana mengungkapkan bahwa penggunaan ponsel android banyak digunakan masyarakat, apalagi pelajar. Jangankan untuk dapat akses internet, kadang hanya sebatas melakukan panggilan telpon (voice call) saja warga setempat masih kesulitan.

"Jika kami selaku mahasiswa, adik-adik pelajar dan warga ada keperluan untuk menelpon, atau adik-adik ada tugas dari sekolah, harus mencari tempat yang ada sinyal, seperti bakau dan pelantar rumah warga," pungkasnya.

Baca: Warga Senempek di Lingga Rindukan Jaringan Internet

(ruz)