Update Covid Batam 16 Agustus: 9 Kasus Baru Termasuk 2 Anggota Polri

Update Covid Batam 16 Agustus: 9 Kasus Baru Termasuk 2 Anggota Polri

Grafis: Filan/Batamnews

Batam - Tim Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 Kota Batam kembali mengkonfirmasi sembilan kasus tambahan pasien positif, Sabtu (15/8/2020) malam. Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam

Sebanyak enam pria dan tiga wanita tercatat sebagai Kasus Nomor 387 hingga 395. Dua diantaranya merupakan anggota Polri.

Untuk gambaran, jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Kota Batam hingga saat ini tercatat 395 kasus. Dari jumlah itu, 294 kasus dinyatakan sembuh, dan 24 kasus meninggal.

Artinya saat ini sebanyak 77 orang di Kota Batam yang bertatus positif corona saat ini. Mereka dirawat dan diisolasi di sejumlah rumah sakit hingga karantina terpusat di RSKI Galang.

Berikut data pasien berserta riwayat perjalanan 9 kasus baru yang terkonfirmasi Sabtu (15/8/2020) malam berdasarkan keterangan tertulis tim Gugus Tugas:

1.Kasus 387, Tn. SP, Laki-laki, 32 Th, Karyawan Swasta, beralamat dikawasan mess perusahaan Dapur 12 Kelurahan Sei Lekop Kecamatan Sagulung Kota Batam. Yang  bersangkutan   pada   tanggal   13   Agustus   2020  melakukan pemeriksaan swab tenggorokan/PCR   secara     mandiri di laboratorium Klinik Mediplus  untuk   kepentingan pekerjaan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat  ini  yang  bersangkutan  telah  ditempatkan  pada  ruang  perawatan  isolasi/karantina di rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galangdan sejauh ini kondisinya dalam keadaan  stabil.

2. Kasus 388, Tn.  R,  Laki-laki,  47 Th,  Karyawan  Swasta,  beralamat  dikawasan  perumahan  Putra  Kelana  Jaya  Kelurahan  Bengkong  Sadai  Kecamatan  Bengkong Kota  Batam.

Yang  bersangkutan  pada  tanggal  08 Agustus  2020  memeriksakan  diri  ke  RS Harapan  Bunda  Batam   dengan  keluhan  Batuk  berdahak,  muntah  disertai  sesak  nafas  sejak seminggu    sebelumnya.

Setelah dilakukan pemeriksan secara intensif oleh dokter direkomendasikan  untuk  rawat  inap  diruang  isolasi  rumah  sakit  tersebut. Mengingat kondisinya  semakin  membaik  maka  pada  tanggal  10  Agustus  2020  diizinkan  pulang  dan diedukasi untuk isolasi mandiri dirumahnya.  

Sebelum yang bersangkutan pulang dilakukan pemeriksaan   swab   tenggorokan   yang   hasilnya   diterima   dan   diketahui   pada   hari   ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat  ini  yang  bersangkutan  telah  ditempatkan  pada  ruang  perawatan  isolasi/karantina di rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galangdan sejauh ini kondisinya dalam keadaan  stabil.

 

3. Kasus 389, Tn.   DA,   Laki-laki,   36   Th,   Wiraswasta,   beralamat sementara  dikawasan  Batu  Besar  Kelurahan  Batu  Besar  Kecamatan  Nongsa  Kota  Batam.Yang  bersangkutan  pada  tanggal  10  Agustus  2020  memeriksakan  diri  ke  RS  Bhayangkara Batam dengan  keluhan nyeri  ulu  hati  disertai  mual  dan  muntah    sejak  sehari  sebelumnya.

Setelah dilakukan pemeriksan secara intensif oleh dokter direkomendasikan untuk rawat inap diruang  isolasi  rumah  sakit tersebut.

Selanjutnya  pada  tanggal  10 dan11  Agustus  2020 bertempat   di   RS  Bhayangkara   Batam dilakukan   pemeriksaan   swab   tenggorokan   yang pertama  dan  kedua dimana hasilnya  diterima  dan  diketahui  pada  hari  ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat ini yang bersangkutan masih dalam penanganan perawatan ruang isolasi pada rumah sakit  dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan  stabil.


4. Kasus 390, Tn.  BS,  Laki-laki,  50  Th,  Anggota  POLRI,  beralamat  di kawasan  perumahan  Citra  Batam  Kelurahan  Teluk  Tering  Kecamatan  Batam  Kota  Kota Batam.

Yang bersangkutan datang ke RS Bhayangkara Batam pada tanggal 10 Agustus 2020 untuk   melakukan   pemeriksaan   swab/PCR   secara   mandiri yang   hasilnya   diterima   dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat  ini  yang  bersangkutan  telah  ditempatkan  pada ruang  perawatan  isolasi/karantina di rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan  stabil.

5. Kasus 391, Tn.  YS,  Laki-laki,  22  Th,  Anggota  POLRI,  beralamat  dikawasan  perumahan  Bunga  Raya  Kelurahan  Belian  Kecamatan  Batam  Kota  Kota  Batam.Yang bersangkutan datang ke RS Bhayangkara Batam pada tanggal 10 Agustus 2020 untuk melakukan  pemeriksaan  swab/PCR  secara  mandiri yang  hasilnya  diterima  dan  diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat  ini  yang  bersangkutan  telah  ditempatkan  pada  ruang  perawatan  isolasi/karantina di rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan  stabil.

 

6. Kasus  392,  Nn.JA,  Perempuan, 28  Th,  ASN-P3K,  beralamat  dikawasan perumahan Modena Regency Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota Kota Batam.Yang bersangkutan datang ke RSUD Embung Fatimah Batam pada tanggal 11 Agustus 2020 untuk  melakukan  screening/pemeriksaan  swab/PCR  secara  mandiri yang  hasilnya  diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat  ini  yang  bersangkutan  telah  ditempatkan  pada  ruang  perawatan  isolasi/karantina di rumah sakit rujukan Covid-19 RSBP Batam  dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan  stabil.

7. Kasus  393,  Ny.  SM,  Perempuan,  52  Th,  Ibu  Rumah  Tangga  (IRT), beralamat   dikawasan   perumahan   Kavling   Sagulung   Baru  Kelurahan Sagulung Kota Kecamatan Sagulung  Kota  Batam.

Yang  bersangkutan  pada  tanggal  10  Agustus  2020 memeriksakan diri ke RSBP  Batam  dengan keluhan demam, nyeri pada perut  disertai badan terasa lemah dan terlihat   pucat   sejak   beberapa hari sebelumnya.

Setelah   dilakukan pemeriksan  secara  intensif  oleh  dokter direkomendasikan  untuk rawat  inap  diruang  isolasi rumah sakit tersebut.  

Guna penegakkan diagnosis lebih lanjut maka dilakukan pemeriksaan swab  tenggorokan  kepada  yang  bersangkutan  yang  hasilnya  diterima  dan  diketahui  pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat ini yang bersangkutan masih dalam penanganan perawatan ruang isolasi pada rumah sakit dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan  stabil.

8. Kasus  394, Tn.  HS,  Laki-laki,  38  Th,  Pelaut/Crew  Kapal,  beralamat sementara disalah satu Hotel kawasan Sagulung Kelurahan Sei Langkai Kecamatan Sagulung Kota   Batam.Yang   bersangkutan   pada   tanggal   14   Agustus   2020   datang   ke   Klinik Laboratorium untuk melakukan pemeriksaan swab tenggorokan/PCR secara  mandiri untuk kepentingan  pekerjaan yang  hasilnya  diterima  dan  diketahui  pada  hari  ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat  ini  yang  bersangkutan  telah  ditempatkan  pada  ruang  perawatan  isolasi/karantina dirumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galangdan sejauh ini kondisinya dalam keadaan  stabil.

 

9. Kasus 395, Nn. AT, Perempuan, 20 Th, Swasta, beralamat dikawasan Dormitory  Muka  Kuning  Kelurahan  Muka  Kuning  Kecamatan  Sei  Beduk  Kota  Batam. Yang bersangkutan pada tanggal 09 Agustus 2020 memeriksakan diri ke Klinik PT Rubycon untuk melakukan RDT dengan hasil Reaktif.

Selanjutnya pada tanggal 14 Agustus 2020 bertempat di Klinik Medilab Batam yang bersangkutan melakukan pemeriksaan swab tenggorokan/PCR secara mandiri  yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat  ini  yang  bersangkutan  telah  ditempatkan  pada  ruang  perawatan  isolasi/karantina di rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan  stabil.Sesuai denganhasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat initerhadap seluruh cluster  Terkonfirmasi  Positif  Covid-19 di  Kota.

(fox)