Telkomsel Tingkatkan Jaringan 4G LTE di Desa Mensanak Lingga

Foto:Ist/Tower Bersama Group

Lingga - Akses internet di Desa Mensanak, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, kini semakin lancar. Pasalnya, pihak Telkomsel saat ini telah meng-upgrade kapasitas jaringan 4G LTE di wilayah tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) e-government, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Lingga, Ady Setiawan membenarkan informasi tersebut.

"Ini menjadi konsen Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar pada saat berkunjung ke Mensanak bulan lalu, dan sudah kita follow up ke Telkomsel. Alhamdulillah direspon cepat pihak Telkomsel," kata Ady kepada Batamnews, Kamis (13/8/2020).

Ia menjelaskan, sebelumnya kapasitas jaringan di Desa Mensanak masih 2G yang hanya bisa sebatas voice call (panggilan suara) dan mengirim pesan singkat (SMS). Tapi kini pihak Telkomsel sudah pun meng-upgrate dari 2G menjadi 4G.

"Saya harap peningkatan layanan ke 4G ini dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi dan edukasi, serta dapat menjadi solusi bagi pelajar dimasa pandemi ini dalam pemanfaatan teknologi untuk memperlancar proses belajar mengajar. Selain itu diharapkan juga dapat membantu desa dalam penerapan e-government serta publikasi potensi desa," ujarnya.

Sementara itu, SPV RTPO Telkomsel Tanjungpinang, Yurianda Syahputra Pane menjelaskan, Telkomsel hadir di Pulau Mensanak sejak tahun 2013 silam, dan desa tersebut masih menjadi bagian dari Kecamatan Senayang. Selama ini layanan Telkomsel masih sebatas layanan 2G.

"Dengan penambahan layanan 4G di tower Mensanak ini, Telkomsel telah memperluas cakupan layanan 4G di Kecamatan Katang Bidare, yang sebelumnya hanya ada di tower Pulau Bukit. Diperkirakan layanannya juga akan dapat menjangkau Pulau Duyung, yang lokasinya sekitar 6 km di sebelah barat tower Pulau Mensanak," jelas Yuri.

Ia berharap, peningkatan layanan ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan Telkomsel di Kabupaten Lingga khususnya masyarakat Mensanak dan sekitarnya.

"Semoga kecepatan layanan 4G Telkomsel dapat membantu pendidikan dan perekonomian masyarakat, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini," pungkasnya.

(ruz)
SHARE US :
Komentar Via Facebook :