Indikator Pencegahan Korupsi, Isdianto: Jangan Hanya Bagus di Atas Kertas

Indikator Pencegahan Korupsi, Isdianto: Jangan Hanya Bagus di Atas Kertas

Sekda Kepri, TS Arif Fadillah melakukan vicon bersama Gubernur Kepri, TS Arif Fadillah. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Gubernur Kepri Isdianto membuka Rapat Koordinasi Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi 2020 bersama KPK RI melalui video conference dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (10/8/2020).

Ia menegaskan kepada seluruh perangkat daerah untuk bekerja secara optimal dalam memenuhi setiap target indikator yang telah ditetapkan oleh Tim Korsupgah KPK dalam upaya pencegahan korupsi.

"Ini semua agar hasil capaian tersebut nantinya tidak hanya baik secara tertulis di atas kertas, tapi juga dapat dipertanggungjawabkan di atas lapangan," pesan Isdianto.

Keberadaan Tim Korsupgah KPK, menurut Isdianto dapat menjadi momentum dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk semakin baik lagi.

"Keberadaan KPK telah memberikan perbaikan dalam mengelola penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam mewujudkan good and clean government," ucapnya.

Kondisi pandemi yang hingga kini melanda, lanjutnya, tentu mempengaruhi hampir di semua sektor baik secara nasional maupun global. Namun kondisi tersebut sekaligus menjadi tantangan bagi pemerintah untuk semakin berbuat banyak untuk masyarakat.

"Kita semakin dituntut untuk profesional dan transparan, sehingga progam pemerintah dapat langsung dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat," lanjutnya.

Untuk itu, Kepulauan Riau kata Isdianto berkomitmen penuh untuk melaksanakan program pemberantasan korupsi terintegrasi secara optimal, meskipun pandemi covid19 secara langsung turut mempengaruhi pencapaian target.

"Pencapaian target yang tertunda itu tentu menjadi kendala dan akan segera kami sampaikan kepada Tim Korsupgah untuk tindak lanjut dan petunjuk sehingga kami dapat mencapai target secara maksimal," pungkasnya.

Senada dengan Gubernur, Sekdaprov TS Arif Fadillah berharap dengan keberadaan Korsupgah KPK, hal ini menjadi momentum untuk perbaikan pelaksanaan program-program dalam penyelenggaraan pemerintahan terutama dibidang pelayanan publik.

"Kami harap keberadaan Korsupgah KPK menjadi momentum untuk mendapat arahan dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi," ujar Arif.

Korwil IV Korsupgah KPK RI Nanang Mulyana mengatakan, kedatangan dirinya beserta rombongan ke Kepri untuk menagih komitmen Gubernur beserta jajaran dalam upaya pencegahan korupsi di sejumlah sektor yang dianggap vital.

Menurut Nanang, Pemilihan sektor tersebut bukan berarti mengesampingkan sektor lain tapi secara garis besar di sektor vital tersebut terindikasi paling banyak kerawanan untuk terjadinya korupsi. "Ini menjadi konsen kita untuk mencegahnya," kata Nanang.

Persentasi pencapaian indikator lanjut Nanang, untuk Kepri masih dalam tahap perhitungan (progres sementara) apalagi ditengah pandemi yang sedang melanda.

Dirinya optimis pencapaian target untuk Kepri bisa sama bahkan lebih baik lagi di tahun 2020 ini dibanding tahun lalu (persentase tahun 2019 sebesar 89 persen).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews