Begini Hasil Swab Ratusan Warga Kepri yang Hadiri Syukuran Gubernur

Begini Hasil Swab Ratusan Warga Kepri yang Hadiri Syukuran Gubernur

Tes swab. (Foto: Ilustrasi)

Tanjungpinang - Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah kembali mendapat kabar yang baik terkait hasil swab masyarakat di Kepri.

Sebanyak 50 orang masyarakat Kepri di Jakarta sudah mendapat laporan hasil swab mereka. Semuanya negatif.

"Alhamdulillah. Saya hari ini mendapatkan laporan bahwa 50 warga Kepri di Jakarta yang ikut kegiatan Pak Gubernur semuanya negatif," kata Arif di Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (5/8/2020).

Menurut Arif, semua masyarakat Kepri yang hadir pada Senin (27/7/2020) malam di Jakarta diminta melakukan pengambilan sampel swab.

Mereka diambil sampelnya di Klinik Kimia Farma Menteng, Jakarta. Informasi ini pun langsung disampaikan Arif kepada Gubernur Kepri, Isdianto.

Arif menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil sampel swab masyarakat Kepri baik di Tanjungpinang mapun Batam. Sudah ratusan sampel yang diambil sejak Kamis (30/7/2020) lalu.

Menurut Arif, dari laporan yang dia terima, yang di Tanjungpinang belum ada terkonfirmasi positif. Arif memang berharap semua sampel yang diswab hasilnya negatif.

“Saya berharap dan selalu berdoa agar semuanya negatif,” kata Ketua Harian Gugus Tugas ini.

Arif pun terus berkoordinasi dengan pihak BTKLPP Batam dan RSKI Galang, Batam. Bahkan pada Rabu (4/8) lalu, Arif mengunjungi dua kawasan itu. Semuanya dalam upaya saling berkoordinasi dan memotivasi dalam mendukung kerja para pihak.

Saat di BTKLPP, Arif memang sudah mendapat informasi bahwa Ketua LAM Kepri H Abdul Razak AB dan istrinya Sy Zaharah juga negatif. Arif sendiri dalam dua kali sampel swabnya diperiksa, semuanya negatif.

“Kita berharap dari BTKL dan RS Galang dapat segera menyelesaikan sampel yang diperiksa, tujuan kita agar dapat melakukan langkah-langkah berikutnya ke depan,” kata Arif.

Arif pun mengingatkan pada masyarakat untuk selalu disiplin dengan protokol kesehatan. Mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

“Kita harus saling menjaga. Semoga vaksin dan obatnya segera ditemukan, sehingha virus ini segera sirna,” kata Arif.

 

Arif Bersyukur, Swab 245 Masyarakat Kepri Negatif

 

Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah juga bersyukur, di mana laporan tentang ratusan sample swab dari Tanjungpinang dan Batam yang diterimanya dalam status negatif. Mereka diantaranya tokoh masyarakat, dan pegawai di lingkungan Pemprov Kepri.

"Alhamdulillah, pendataan semakin rapi. Hari ini ada 245 masyarakat Kepri yang sampel swabnya negatif. Kita harap hasil selanjutnya semuanya negatif,” kata Arif Fadillah, di Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Kamis (6/8/2020).

Arif mengakui sudah mendapat hasil pemeriksaan RT-PCR oleh BTKL PP Kelas I Batam terhadap sampel swab yang diambil dari tanggal 30 Juli hingga 1 Agustus 2020. Hasil ke-245 pemeriksaan itu negatif.

Ia yakin pendataan semakin cepat karena saat ini pengecekan sampel juga dilakukan di RSKI Galang.

"Terima kasih  kepada BTLKPP Batam dan RSKI Galang yang membantu mempercepat pemeriksaan sampel swab," ujarnya.

Sejak 30 Juli hingga awal Agustus ratusan sampel masyarakat Kepri diambil terkait pengawal pribadi (walpri) Gubernur Kepri, DPS yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Beberapa masyarakat yang diambil sampelnya secara pribadi memang sudah mendapat informasi.

Dalam data 245 nama itu, sejumlah nama tokoh masyarakat juga dilaporkan negatif. Demikian juga nama beberapa pejabat eselon dua serta sejumlah pegawai.

 

Hasil swab jajaran Polda Kepri yang ikut menyambut Isdianto

 

Sementara itu, pejabat utama Polda Kepri yang ikut dalam penyambutan tepung tawar Gubernur Kepri Isdianto, juga dipastikan negatif Covid-19 usai uji swab.

Diketahui, usai penyambutan Gubernur Kepri Isdianto setelah dilantik di Istana Presiden, ajudan pribadi Isdianto dinyatakan positif Covid-19.

Setelah itu dilakukan swab kepada Isdianto yang hasilnya adalah positif Covid-19. Sebelum dinyatakan positif, Isdianto sempat disambut ribuan orang, termasuk pihak TNI/Polri di kawasan Kepri, serta Pemda yang ada di Kepri.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhartd mengatakan, dari surat press release hasil swab yang diterbitkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau, di sana disebutkan bahwa hasil pejabat utama Polda Kepri negatif  Covid-19.

“Dalam rilis tersebut, dijelaskan bahwa hasil tes swab yang dilakukan kepada Pimpinan Polda Kepri, bapak Kapolda dan Wakapolda serta Pejabat Utama Polda Kepri dinyatakan negatif,” ujar Harry, Rabu (5/8/2020).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews