Kenali 5 Tanda Tubuh Kurang Terpapar Sinar Matahari

Kenali 5 Tanda Tubuh Kurang Terpapar Sinar Matahari

Ilustrasi

Jakarta - Vitamin D yang didapat dari sinar matahari membantu menguatkan tulang dan sendi. Oleh sebab itu, jika ingin mendapatkan vitamin D secara alami cukup dengan berjemur di pagi hari selama 15-30 menit.

Kekurangan vitamin D akibat jarang terpapar sinar matahari akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti diabetes, osteoartritis (nyeri sendi), dan kanker.

Sebelum mengalami masalah kesehatan, biasanya tubuh akan memberikan tanda. Berikut 5 tanda tubuh kekurangan sinar matahari, seperti dikutip dari Thehealthy:

1. Perubahan mood

Wesley Delbridge, RD dari Academy of Nutrition and Dietetic mengkonfirmasi bahwa sinar matahari dapat meningkatkan serotonin, yaitu hormon yang bertanggung jawab atas kebahagian diri.

Oleh karena itu, berjemur di pagi hari akan meningkatkan mood.

2. Berat badan semakin bertambah

Sinar matahari mengandung nutrisi nitrat oksida, yang membuat metabolisme tubuh berjalan lancar dan mencegah seseorang makan secara berlebihan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal diabetes menemukan bahwa paparan sinar UV (ultraviolet) dapat memperlambat kenaikan berat badan dan mencegah diabetes.

3. Tulang terasa sakit

Menurut Delbridge, kekurangan vitamin D karena jarang terkena sinar matahari akan membuat orang dewasa sering merasakan sakit dan nyeri otot pada tulang mereka. Selain itu, tubuh menjadi kaku di pagi hari.

4. Insomnia

National Sleep Foundation mengatakan bahwa menghabiskan waktu dalam pencahayaan buatan (menatap layar elektronik), dapat membuang ritme sirkadian (jam internal tubuh) yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia.

5. Berkeringat berlebihan

Berkeringat berlebihan di dahi padahal tidak sedang kepanasan, merupakan salah satu tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin D.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews