Soal Tes Swab Wali Kota, Dua Pejabat Pemko Batam Beda Pernyataan

Soal Tes Swab Wali Kota, Dua Pejabat Pemko Batam Beda Pernyataan

Wali Kota Batam, HM Rudi.

Batam - Dua pejabat Pemko Batam berbeda pernyataan terkait dengan pro dan kontra terkait tes swab Wali Kota Batam, HM Rudi.

Setelah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi menyampaikan bahwa Wali Kota Batam tidak dilakukan isolasi dan pemeriksaan swab PCR, kini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Azril Apriansyah menyampaikan hal sebaliknya.

Menurut Azril, Rudi telah menjalani tes swab tenggorokan untuk untuk pemeriksaan PCR Covid-19. Hal itu disampaikan langsung oleh Rudi saat menghadiri penyerahan simbolis insentif kader posyandu Kecamatan Batuaji di SMK Negeri 1 Batam.

Dalam sambutannya Rudi mengatakan bahwa Ia sudah menjalani pemeriksaan tes swab. 

“Tapi untuk detailnya, saya tidak tahu, boleh ditanyakan langsung ke beliau,” kata Azril, Senin (3/8/2020). 

Sebelumnya Kadinkes Batam Didi Kusmarjadi menyampaikan bahwa Wali Kota Batam tidak dilakukan isolasi dan pemeriksaan swab PCR. 

Keputusan itu memicu pro dan kontra, karena Rudi menghadiri acara tepuk tepung tawar pelantikan Gubernur Kepri, Isdianto, Selasa (28/7/2020). Beberapa hari setelahnya, diketahui Isdianto terkonfirmasi positif Covid-19. 

“Beliau tidak termasuk kategori kontak erat dan tidak bergejala atau Asimtomatis,” ujar Didi. 

Namun mengenai informasi Rudi yang telah menjalani pemeriksaan tes swab, Didi mengaku belum mengetahuinya. Akan tetapi Didi menjelaskan jika Wali Kota menjalani tes swab, hal itu bisa saja. 

“Jadi Jadi kalau mau swabpun itu volunteer (merelakan diri), tidak mandatory atau tidak wajib,” kata Didi.

Sampai saat ini, belum diketahui hasil pemeriksaan swab dari Rudi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews