Mahasiswa Demo Soroti Pengelolaan Limbah di KPLI-B3 Batam

Foto: Yude/Batamnews

Batam - Massa mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Kota Batam unjuk rasa di depan komplek Kawasan Pengelolaan Limbah Industri (KPLI-B3), Kecamatan Nongsa, Batam pada Rabu (29/7/2020) siang. Aksi serupa juga dilakukan di depan kantor DPRD Kota Batam.

Saat aksi di KPLI-B3, mereka diadang oleh personel Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Mereka meminta pengelola menangani pengiriman limbah yang telah lama menumpuk di KPLI-B3 Batam. Hal ini dinilai mengancam lingkungan.

Mereka juga menilai pengelola menghiraukan standar kesehatan dan cenderung membahayakan pekerja.

"Jangan mengabaikan aspek keselamatan para pekerja, mereka tidak memakai pakaian safety. Mereka makan di sana, bagaimana kalau terkontaminasi," kata Ketua GPN Kota Batam, Edward Rian di depan pengelola KLPI-B3.

Asisten Manajer Tata Lingkungan KPLI-B3 Batam, Lusi Novita mengatakan, tuntutan massa mahasiswa ini akan disampaikan kepada pimpinannya di BP Batam.

"Saya mewakili KPLI, kami tidak bisa langsung memberi tanggapan, silahkan disampaikan apa yang menjadi tuntutan, akan kami diskusikan bersama tenant dan asosiasi di sini. Kalau kepastian kapan limbah ini diangkat, keputusan itu di BP Batam," tutur Lusi.

Para mahasiswa meminta difasilitasi pertemuan dengan seluruh stakholder terkait paling lambat dalam 7 hari mendatang, termasuk keinginan mereka untuk dapat bertemu langsung dengan penanggung jawab tenant-tenant yang ada di KPLI-B3.

(ude)
SHARE US :