Udara di Kepri Dikontrol Singapura, Jokowi Minta Diambil Alih

Udara di Kepri Dikontrol Singapura, Jokowi Minta Diambil Alih

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. (foto: ist/tempo)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas untuk membahas Pengelolaan Flight Information Region (FIR). FIR adalah wilayah ruang udara tertentu yang menyediakan layanan informasi penerbangan dan layanan peringatan.

"Pada hari ini kami ratas dengan materi bahasan FIR, yaitu ruang udara yang digunakan untuk lalu lintas yang nanti secara detil dijelaskan Menhub dan Panglima TNI," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana, Jakarta, Selasa (8/9).

Di tempat yang sama, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, Presiden Jokowi meminta agar pengelolaan lalu lintas udara dikelola sendiri oleh Indonesia. Sebab selama ini pesawat komersil yang terbang di wilayah Sumatera seperti Kepri, Natuna dan Kalimantan terlebih dahulu harus izin Singapura dan Malaysia.

"Arahan Presiden bahwa kita dalam 3-4 tahun ini mempersiapkan peralatan-peralatan dan personel yang lebih baik sehingga ruang udara kita dapat dikelola sendiri oleh Indonesia. Selama ini itu ditugaskan Singapura untuk mengelolanya. Kita juga akan berbicara dengan Malaysia-Singapura," jelas Jonan.

"Kalau sudah siap akan ada pengalihan, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik. Karena FIR ini pakai penerbangan sipil itu masalah keselamatan paling utama," imbuhnya.

Menurut Jonan, Indonesia juga mengelola FIR atau lalu lintas dari negara lain. Seperti Christmas Island di Australia dan Timor Leste juga dikelola Indonesia.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews