Wah, Pesawat Singapura Sering Melanggar Udara Bintan

Wah, Pesawat Singapura Sering Melanggar Udara Bintan

Ilustrasi pesawat tempur Singapura. (foto: irwan.net)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - TNI Angkatan Udara terus menggelar operasi udara untuk mengantisipasi masuknya pesawat dari negara lain yang melintasi wilayah udara Indonesia. TNI mendeteksi, sering terjadi pelanggaran ruang udara yang dilakukan Singapura di utara pulau Bintan.

"Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) minggu lalu telah melakukan operasi di Batam. Operasi udara terus dilakukan oleh pesawat tempur TNI AU," kata Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsekal Madya TNI Agus Dwi Putranto, di Jakarta, Jumat (4/9/2015) dilansir rimanews.

Pesawat tempur yang dikerahkan untuk melakukan operasi udara, kata Pangkoopsau I, bisa menggunakan pesawat yang berada di Lanud Roesmin Noerjadin, Pekanbaru dan Lanud Supadio, Pontianak. "Itu tergantung kebutuhan," katanya.

Sebelumnya diberitakan di media massa, Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Tanjungpinang, Letkol (Pnb) I Ketut Wahyu Wijaya mengatakan, hingga saat ini masih sering terjadi pelanggaran ruang udara yang dilakukan Singapura di utara pulau Bintan.

"Kami kesulitan untuk mengusir mereka karena tidak ada pesawat tempur. Padahal itu adalah bentuk pelanggaran resmi batas ruang udara. Ini sudah berbicara tentang kedaulatan negara," kata Ketut.

Karena pesawat tempur jarang bersiaga di Tanjungpinang, tambahnya, membuat pesawat tempur Singapura bisa melintas seenaknya di utara Bintan.

(ind/rima)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews