Dua Warga Tanjungpinang Positif Covid-19, Salah Satunya Anggota TNI

Dua Warga Tanjungpinang Positif Covid-19, Salah Satunya Anggota TNI

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Dua warga Tanjungpinang terkonfirmasi positif Covid-19. Salah satu Pasien baru ini merupakan anggota TNI aktif yang baru pulang dari Surabaya dan Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Plt Walikota Tanjungpinang, Rahma mengatakan, dua pasien itu diketahui positif setelah pihaknya menerima hasil pemeriksaan swab PCR.

"Dua pasien ini baru pulang melaksanakan perjalanan ke luar daerah yakni Surakarta, Surabaya dan Jakarta," kata Rahma.

Rahma menjelaskan, pertama untuk pasien Mu (46) laki-laki, Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Tanjung Unggat,  Kecamatan Bukit Bestari. Ia termasuk dalam klaster keluarga dan kontak erat dengan pasien nomor 30, 31 dan 32.

"Yang bersangkutan berangkat dari  Tanjungpinang ke Surakarta dengan pesawat pada tanggal 9 Juli 2020 dalam rangka merujuk pasien dan menginap selama satu malam," sebutnya.

Rahma melanjutkan, keesokannya yang bersangkutan berangkat ke Surabaya untuk mengambil paket sekalian mengisi bahan bakar dan melanjutkan perjalanan ke bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta.

"Pada saat perjalanan itu, pasien tidak turun dari pesawat dan kembali ke Tanjungpinang," jelasnya.

Setiba di Tanjungpinang, pada tanggal 16 Juli 2020 mulai merasa tak sehat dengan keluhan batuk, badan lemah, tidak selera makan dan sesak nafas. Ia menjalani perawatan di  RSAL Midiyato. S pada tanggal 21 Juli 2020.

"Yang bersangkutan dilakukan pengambilan swab sebanyak dua kali dengan hasil negatif. Namun setelah dilakukan pemeriksaan swab ulang hasilnya positif," ujarnya.

Kemudian untuk pasien kedua berinisial AC (29) laki-laki merupakan anggota TNI aktif dan tinggal di  jalan Nusantara, Kelurahan Batu 9, Kecamatan  Tanjungpinang Timur.

"Yang bersangkutan dalam tugas di Surabaya selama 3 bulan terakhir. Tanggal 9 Juni 2020 melakukan perjalanan dari Surabaya ke  Jakarta dan menginap di Jakarta selama 1 minggu," lanjutnya.

Namun pada tanggal 16 Juli 2020 pasien berangkat dari Jakarta menuju Dabo Singkep dengan menggunakan KRI dengan jumlah personel lebih  kurang 200 orang.

"Pada tanggal 24 Juli 2020 yang bersangkutan berangkat ke Tanjungpinang  dengan menggunakan helikopter dengan jumlah penumpang sebanyak 4 personel termasuk pilot," sebutnya.

Saat sampai di Tanjungpinang dilakukan pemeriksaan Rapid Test pada seluruh  personil dan hasilnya AC dinyatakan Reaktif.

Kemudian saat dilanjutkan dengan pengambilan swab dan  hasil PCR, 27 Juli 2020 dinyatakan positif Covid 19.  "Saat ini kondisi yang bersangkutan stabil, sehat tanpa keluhan," terang Rahma.

(adi)