https://www.batamnews.co.id

TIK BP Batam, Keandalan Batam Menyimpan Data

General Manager Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) BP Batam Sylvia J Malaihollo.

Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam memiliki data centre yang berada di layanan BP Batam Information dan technology (BIT). 

Unit ini, dikelola oleh Divisi Strategic Business Unit (SBU) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) BP Batam. 

Fasilitas yang ditawarkan dalam data center BP Batam diantaranya, co-location, ruangan server, VPS, hosting dan layanan lainnya. 

Data Centre BP Batam telah memiliki sertifikasi ISO 9001:2015 untuk manajemen mutu dan ISO 27001 untuk manajemen keamanan informasi. 

Data Centre BP Batam juga sudah menjadi bagian dari Data Centre Nasional yang telah mendapat rekomendasi dari Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Pulau Batam berada pada wilayah yang sangat baik untuk berinvestasi, karena berisiko rendah terhadap bencana alam,” kata General Manager Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Sylvia J Malaihollo

Data Centre BP Batam juga terbuka bagi siapa saja untuk pemanfaatannya. Seluruh layanan Data Centre BP Batam dilengkapi dengan fasilitas yang terbaik.

Backbone Network Data Centre BIT, terhubung dengan jaringan fiber optic Palapa Ring. Aset ini juga dilengkapi dengan jaringan telepon Fixed Line dan VOIP. 

Interkoneksi data centre pada seluruh unit kerja BP Batam melalui jaringan fiber optik sepanjang 105 km. Aset ini terhubung dengan jaringan fiber optik Telkom Indonesia berkapasitas 40 Gbps. 

Untuk keamanan Data centre BP Batam dilengkapi dengan Portal Gate dengan RFID, CCTV berbasis IP dengan Intelligent Video Analytics, Biometrics Access Control, Metal Detector, Gas, Fire, and Smoke Detector, Fire Extinguishing (System FM200),  Full-raised and Anti Static Floor, Integrated Grounding of <0.5 ohm,  Cargo Lift/Loading Dock capacity 2.500 kg.

“Kalau kelebihan lain, karena kondisi kita adalah kondisi yang secara geografis sangat dekat dengan Singapura. Bukan hanya itu, secara infrastruktur kita sangat diuntungkan dengan hal itu. Dan kita juga punya standarisasi terhadap isu dari sisi layanan dan keamanan,” ujar Sylvia. 

Tidak hanya sebagai pendukung TIK internal BP Batam, BIT juga menyediakan layanan unit pengusahaan TIK yang bisa digunakan masyarakat maupun pengusaha dalam bentuk penyewaan. 

Layanan ini untuk untuk menempatkan server dan peralatan penyewa di ruang data center dengan aman.

(ADV)