Dua KEK Disetujui Pusat, Daya Saing Batam Semakin Meningkat

Dua KEK Disetujui Pusat, Daya Saing Batam Semakin Meningkat

Nongsa Digital Park yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus oleh pemerintah pusat. (Foto: Batamnews)

Batam - Dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam, Kepulauan Riau disetujui pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Perekenomian. 

Dua kawasan tersebut adalah Nongsa Digital Park yang diusulkan oleh PT Taman Resor Internet (PT Tamarin) di lahan seluas 166,45 hektare yang ditujukan untuk kegiatan digital dan pariwisata. 

Kedua adalah KEK Maintenance Repair Overhaul (MRO) yang diusulkan PT Batam Aero Technic di atar lahan seluas 30 hektare di Bandara Hang Nadim. 

Kepala Pusat Pengembangan KPBPB Batam dan KEK, Endri Azan mengatakan tujuan pembentukan KEK sebagai strategi baru untuk mendorong industri.

“Dengan adanya KEK daya saing Batam semakin meningkat. Sasarannya membidik daerah strategis yang lebih dekat dengan pasar global yang dekat dengan bandara dan pelabuhan,” kata Endri.

Daya saing KEK Batam, memiliki keunggulan dari segi geo-ekonomi dan geo-strategic dibanding daerah lain. Infrastruktur dalam KEK Batam juga sudah terbangun. 

Tidak hanya itu kegiatan bisnis exsisting di dalam KEK sudah berjalan. Saat ini KEK NDP sudah berkolaborasi di bidang ekonomi digital dengan Singapura, dengan adanya 7 kabel FO terhubung langsung ke Singapura dan Jepang untuk memaksimalkan pengembangan data Center dan Industri Animasi. 

Untuk KEK MRO mampu meningkatkan MRO dalam negeri, serta menangkap pasar industri penerbangan di kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Di Kawasan KEK MRO juga telah dibangun vokasi, yaitu Kirana Angkasa Politeknik di bidang aviasi. 

“Apapun yang kita buat harus ada manfaat ekonominya kalau NDP manfaat ekonominya sebagi entry point untuk perusahaa IT internasional dari Singapura dan mancanegara,” ujar Endri.

Sedangkan hadirnya KEK MRO mampu menghemat devisa maskapai nasional yang selama ini mengalir ke luar negeri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews