Pemilik Kebun Kaget Pisangnya Berbuah di Batang

Pemilik Kebun Kaget Pisangnya Berbuah di Batang

Pisang berbuah di batang. (Foto: Edo/Batamnews)

Padang - Fenomena pisang berbuah di batang terjadi di Jorong Ranah Jaya, Nagari Koto Gadang, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya, Sumbar.

Pisang yang berbuah di batang itu, sempat membuat kaget dan mengherankan pemilik kebun Alwas Dehri Hatta, Minggu (26/7/2020).

 Biasanya buah pisang tumbuh di ujung atas batang pohon, namun pisang ini berbuah di tengah batang bagian dalam.

"Buahnya di tengah batang," ujar wanita yang kerap disapa Des tersebut, Minggu (26/7/2020) saat dihubungi.

Warga setempat menyebut jenis pisang itu pisang manis. Buah pisang itu masih tampak hijau. "Jenis pisang 40 hari, dalam batangnya juga ada buahnya," ujar Des.

Saat ini, pemilik pohon pisang tersebut masih menunggu buahnya matang sebelum dipetik. Ia pun enggan menghubungkannya dengan sesuatu hal klenik. Karena keunikan itu, ia pun mengabadikan dengan kamera ponsel dan memajang di media sosial.

Kendati langka, sebenarnya pisang berbuah di batang juga sering ditemukan di beberapa daerah. Kasusnya sama, tandan pisang muncul di tengah batang.

Pihak terkait menjelaskan bahwa pisang adalah tanaman berbatang semu lunak yang terbentuk dari kelompok daun dan sifatnya menyimpan air. Karena itu pula buah pisang muncul di batang bukan hal aneh.

Kondisi ini bisa terjadi bila batang pisang yang akan berbunga sudah dilukai, sehingga bunga yang nantinya menjadi tongkol tidak sampai ke atas. Melainkan tumbuh dan berkembang di tempat batang itu dilukai.

Dipastikan bahwa buah pisang yang muncul di batang tetap bisa dimakan seperti buah pisang yang lain.

Tidak akan menimbulkan hal aneh pada tubuh seperti yang dikhawatirkan, yang dikait-kaitkan dengan hal mistis dan lainnya.

(aha)