Jalan Aspal Punggur yang Berpasir Rentan Kecelakaan

Jalan Aspal Punggur yang Berpasir Rentan Kecelakaan

Jalanan di depan TPA Punggur, lokasi kecelakaan mobil milik Ketua DPRD Kepri. (Foto: Yude/Batamnews)

Batam - Mobil dinas milik Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak mengalami kecelakaan di jalan dekat TPA Punggur, Senin (20/7/2020). Mobil itu ringsek, pengemudinya yang merupakan sopir pribadi Jumaga mengalami luka dan dilarikan ke rumah sakit. Pria tersebut baru saja mengantarkan Ketua DPRD kepri tersebut ke Pelabuhan Punggur karena akan dinas di Tanjungpinang.

Kondisi medan jalan di area itu selama ini menjadi perhatian pengendara. Tikungan tersebut kerap dilalui kendaraan dengan laju. Namun kondisi jalanan yang kerap dipenuhi pasir berserak, tanah liat dan krikil memang berpotensi membuat kendaraan slip.

Pasir-pasir itu disinyalir berasal dari truk yang sering lalu-lalang. Apalagi lokasi ini perlintasan truk transporter pengangkut sampah yang wara-wiri keluar-masuk TPA Punggur.

Jalan ini merupakan akses utama dari Pelabuhan Punggur menuju jantung kota Batam. Jalan yang lebar dan aspal mulus membuat pengendara terpacu untuk melaju. Kendati kontur jalan yang berkelok dan naik-turun.

Di lokasi kecelakaan Toyota Camry yang dikendarai Chandra Saragih, sopir Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak itu terlihat jalan berbelok, namun tampak kerikil-kerikil kecil dan tanah pasir cukup banyak. Pasir dan batu tanah liat itu akan licin baik di saat jalanan kering apalagi basah.

Salah seorang warga, Kurnia mengatakan, pengendara harus ekstra hati-hati jika melaju kencang di jalanan menuju maupun dari Pelabuhan Punggur.

"Tergantung kendaraannya juga. Ada yang mungkin mobilnya enak dibawa kencang di jalan beraspal gini, tapi jangan lupa kalau jalan berpasir kayak ini bisa berpotensi slip. Apalagi kalau tiba-tiba menghindari sesuatu, seperti kejadian mobil Camry itu," ujar pria yang tinggal di salah satu perumahan kawasan Punggur tersebut.

"Sebenarnya kondisi aspal sudah baik, tapi keadaannya harus menjadi perhatian instansi terkait, untuk membersihkan tutupan pasir-pasir dan tanah liat berserakan itu," harapnya.

(ude)