Update Covid Batam 16 Juli: 4 Pasien Sembuh, Batam Didominasi Zona Hijau

Update Covid Batam 16 Juli: 4 Pasien Sembuh, Batam Didominasi Zona Hijau

Ilustrasi. (Fernando Zhiminaicela via Pixabay)

Batam - Tim gugus tugas Covid19 Kota Batam merilis 4 pasien sembuh Kamis 16 Juli 2020. Hari ini tidak ada konfirmasi penambahan kasus baru di Batam.

Kumulatif kasus berada pada angka 267 dengan angka kesembuhan 231 kasus, sebanyak 12 kasus meninggal dunia. Dengan kesembuhan 4 pasien tersebut, saat ini pasien positif corona Covid-19 di Kota Batam sebanyak 24 pasien

Dalam rekapan harian tim Gugas, dari grafik uji swab saat ini 10 sampel swab menunggu hasil pengujian. Potensi penambahan kasus ada pada hasil yang akan keluar nantinya.

Sejak awal ditemukan kasus Covid19 pada Maret 2020 lalu, tim gugus tugas melalui BTKL-PP sudah menguji 2.577 sampel swab hingga saat ini. Artinya 2.300 sampel yang diperiksa negatif.

Saat ini sejumlah lokasi di Batam dijabarkan dengan zona hijau. Hal ini terlihat dari peta persebaran Covid-19 di Batam.

Sejumlah pasien dalam perawatan yakni warga Batu Ampar (3 orang), Batu Aji (4 orang), Sagulung (6 orang), Bengkong (4 orang), Lubuk Baja (7 orang).

 

Tim Gugus Tugas Kota Batam.

Kecamatan lainnya saat ini tidak ada pasien berstatus positif Covid19, bahkan Kecamatan Batam Kota yang secara kumulatif terbanyak kasus Covid yakni 70 kasus secara kumulatif, dilaporkan tidak ada warganya yang menjadi pasien saat ini, pasalnya 66 pasien sebelumnya sembuh dan 4 kasus meninggal.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, sejauh ini penanganan Covid-19 mampu dikendalikan. Bahkan, kata dia, sudah tujuh kecamatan yang sudah menjadi zona hijau karena sudah tidak ada lagi pasien positif.

“Alhamdulillah, ini kerja keras kita semua. Mudah-mudahan lima kecamatan lain juga menyusul jadi zona hijau juga,” kata Amsakar saat bersilaturrahmi bersama masyarakat Kecamatan Galang, Kamis (16/7/2020).

 

Untuk menjadikan semua kecamatan di Batam masuk ke zona hijau, kata dia, tentu harus dilakukan penanganan lebih giat agar pasien yang tersisa segera sembuh. Selain itu, warga juga diminta tetap waspada agar penularan Covid-19 bisa dihentikan. “Tetap terapkan protokol kesehatan. Ini adalah tameng kita agar tidak terjangkit,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebanyak tujuh kecamatan di Batam sudah masuk zona hijau Covid-19. Adapun tujuh kecamatan yang masuk zona hijau tersebut yakni, Bulang, Galang, Belakangpadang, Batamkota, Nongsa, Seibeduk, dan Sekupang. Sementara enam kecamatan lain masih berstatus zona kuning.

“Lima kecamatan zona kuning, karena masih terdapat pasien dalam perawatan, untuk Kecamatan Batuampar masih ada tiga pasien, Batuaji empat orang, Sagulung enam orang, Bengkong empat orang, dan Lubukbaja tujuh orang,” ujarnya.

 

Pasien sembuh

Sementara itu, pasien yang dinyatakan sembuh hari ini yakni Monang Halomoan Saragi, warga Batuaji, Armaris Hingis Hasibuan, warga Batuaji, Ismaji, warga Lubukbaja, dan Dedi Harnefi, warga Sekupang. Dengan demikian, berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikanoleh Laboratorium BTKLPP Batam tersebut, maka oleh Tim Medis yang menanganinya dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

“Saat ini kondisi yang bersangkutan semua dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya guna melaksanakan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari,” kata Amsakar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews