Sebelum Coklit Data Pemilih di Bintan, 348 Petugas Dirapid Test

Sebelum Coklit Data Pemilih di Bintan, 348 Petugas Dirapid Test

Rapid test petugas yang akan melakukan coklit data pemilih di Kabupaten Bintan. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Sebanyak 348 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang direkrut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih menjalani Rapid Diagnostic Test (RDT), Selasa (14/7/2020).

Ketua KPU Bintan, Ervina Sari mengharapkan rapid test bisa selesai secepatnya sehingga mereka dapat menjalankan tugas untuk coklit dengan maksimal.

"Harapannya seluruh PPDP Bintan hari ini bisa terakomodir rapid tesnya," ujar Ervina.

PPDP di Bintan berjumlah 348 orang sesuai jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang tersebar di 10 kecamatan. Dijadwalkan mulai besok, 15 Juli 2020 mereka akan terjun ke lapangan door to door untuk mencoklit.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan RDT khusus PPDP Bintan ini telah dilaksanakan secara serentak di 5 Puskesmas.

"Ada 5 puskesmas yang jadi rujukan untuk melaksanakan rapid test PPDP Bintan. Yaitu Puskesmas Tanjunguban, Teluksasah, Teluksebong, Kawal dan Kijang," jelasnya.

Bedasarkan jadwalnya, RDT untuk PPDP Bintan ini akan dilakukan dalam seharian. Namun jika waktu tidak memungkinkan, maka akan dilanjutkan pada esok harinya.

Apabila dalam RDT ini didapati ada yang reaktif Covid-19 maka PPDP tersebut akan diisolasi. Lalu bersangkutan akan diambil sampel swabnya untuk menjalani cek Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Jika dari rapid tes nantinya ada PPDP yang reaktif maka sesuai protokol kesehatan orang itu akan diisolasi dan menjalani cek PCR," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews