Wajib Waspada! Tiga Penyakit Ini Menular dari Hewan Peliharaan

Wajib Waspada! Tiga Penyakit Ini Menular dari Hewan Peliharaan

Ilustrasi

Jakarta - Penularan penyakit dari hewan ke manusia dan sebaliknya bisa terjadi. Terutama bagi para pecinta hewan, setidaknya ada tiga penyakit zoonotik dari hewan peliharaan yang perlu kamu tahu dan waspadai:

1. Rabies

Rabies merupakan penyakit karena virus yang menyebabkan peradangan pada otak manusia dan mamalia. Penyakit ini kebanyakan ditularkan oleh hewan anjing.

Penularan rabies terhadap manusia bisa terjadi lewat gigitan, cakaran, dan paparan air liur. Gejala dari rabies anjing bisa dilihat dari perilakunya yang cenderung lebih agresif, suka mengamuk, berbusa di sudut mulut, suara serak bahkan tidak mampu untuk menggonggong.

2. Toxoplasmosis

Toxoplasmosis merupakan penyakit dari hewan yang disebabkan karena parasit Toxoplasma gondii (T. gondii). Parasit ini seringkali ditemukan pada kucing. Permasalahannya, kebanyakan kucing yang terinfeksi T.gondii tidak menunjukkan gejala penyakit.

Seseorang yang terinfeksi parasit ini bisa mengalami gejala demam, kehilangan nafsu makan, dan mengalami kelesuan.

3. Leptospirosis

Leptospira merupakan penyakit yang disebabkan karena bakteri Leptospira dari hewan liar atau peliharaan. Baik kucing, anjing, tikus, dan sapi dapat terkontaminasi oleh bakteri ini. Jika manusia memakan daging sapi yang terkena leptospira, berkontak langsung dengan kucing dan anjing liar, atau membiarkan rumah dikotori oleh tikus, maka sangat berpotensi untuk mengalami penyakit ini.

Salah satu upaya untuk menghindari penyakit Zoonosis, pastikan hewan peliharaanmu mendapat cek kesehatan sebanyak dua kali dalam setahun, hindari mencium hewan dan membiarkannya menjilat wajahmu, serta selalu menjaga kebersihan.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews