Batam Catat Kasus Reinfeksi Covid-19 untuk Ketiga Kalinya

Batam Catat Kasus Reinfeksi Covid-19 untuk Ketiga Kalinya

Ilustrasi. (foto: Shutterstock)

Batam - Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam merilis satu pasien yang terinfeksi kembali (Re-infeksi), Senin (6/7/2020). Hasil tersebut berdasarkan swab oleh tim analis laboratorium Prodia Batam.

Adapun kasus reinfeksi tersebut yaitu, seorang laki-laki berinisial DH, usia 46 tahun warga Perumahan Tiban Koperasi, Sekupang. Ia bekerja di salah satu bank milik BUMN yang ada di Pekanbaru, Riau.

DH sebelumnya tercatat sebagai Pasien 181 Kota Batam dan ia sembuh pada 20 Juni lalu. Kembali terkonfirmasi Covid kini ia dicatat sebagai Pasien 241.

“Yang bersangkutan sebelumnya sudah dinyatakan sembuh pada tanggal 20 Juni 2020,” ujar Ketua Tim Gugas, Muhammad Rudi dalam siaran pers yang diterima Batamnews.

Usai sembuh, DH sempat menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari, terhitung sampai tanggal 4 Juli 2020 lalu.

Namun sebelum masa isolasi mandiri berakhir, pada tanggal 30 Juni pasien ini pergi ke RS Budi Kemuliaan untuk melakukan pemeriksaan swab tenggorikan secara mandiri.

“Pemeriksaan swab tersebut untuk persyaratan ke Pekanbaru agar bisa kembali bekerja,” kata Rudi.

Namun hasil pemeriksaan swab tenggorokan yang dilakukan oleh laboratorium Klinik Prodia Batam diterima hari ini, menyatakan DH positif Covid-19.

Perlu diketahui selama menjalani isolasi mandiri di rumahnya, yang bersangkutan sebelumnya tidak pernah melakukan aktivitas di luar rumah. Kecuali hanya melakukan olahraga dan berjemur di sekitar halaman rumahnya.

“Saat ini pasien tersebut dalam persiapan perawatan isolasi ke RSKI Galang untuk kembali menjalani perawatan,” katanya.

Untuk diketahui sebelum ke Batam dari Pekanbaru tanggal 5 Juni 2020, Pasien tersebut telah melakukan pemeriksaan RDT di Pekanbaru dengan hasil reaktif, namun tidak disarankan untuk karantina mandiri.

Selanjutnya pada 7 Juni 2020 yang bersangkutan tetap berangkat ke Batam menggunakan mobil travel ke Selat Panjang dan dilanjutkan dengan kapal ke Batam.

Dengan kasus DH ini, tercatat 3 kasus reinfeksi di Batam. Mereka yang sebelumnya dinyatakan sembuh Covid, berselang beberapa waktu kembali dikonfirmasi positif.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews