AF, Pasien Corona Terlama Dirawat di RSUP Kepri

AF, Pasien Corona Terlama Dirawat di RSUP Kepri

Seorang anak memakai masker. (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Batam - Seorang pasien Covid-19, AF (12 tahun) menjadi pasien terlama yang dirawat di Kepri. Remaja itu telah dirawat selama 65 hari di RSUP Kepri (RS Raja Ahmad Thabib). AF merupakan teman sepermainan MH (8 tahun), yakni cucu mendiang mantan Wali Kota Tanjungpinang Syahrul.

Mantan Wako Syahrul sendiri wafat dalam perawatan setelah terkonfirmasi Covid-19 sebelumnya. Sementara MH juga terkonfirmasi positif setelah dilakukan tracing kasus. MH sudah dinyatakan sembuh pada 8 Mei 2020 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan, AF masuk rumah sakit pada 1 Mei lalu sebagai pasien dalam pengawasan (PDP). Ia masuk bersama ajudan Wako Syahrul yang juga terkonfirmasi Covid-19.

"Pemeriksaan PCR beberapa hari kemudian dinyatakan positif. Ia memang tinggal dalam keluarga yang positif Covid-19. AF datang ke RS dengan gejala demam, pilek, batuk dan sedikit sesak nafas. Namun setelah 10 hari dirawat penyakit (bawaan) itu sembuh," ungkap Tjtjep dikutip Batamnews, saat wawancara live di Kompas TV, Minggu (5/7/2020) petang.

AF dalam pemeriksaan swab ke 12 sudah dinyatakan negatif. Namun untuk memastikan negatif ia harus memperoleh hasil sama dalam dua kali tes ke depan. Hanya saja dalam tes swab ke 13, 14 dan 15 ia masih memperoleh hasil positif. Sementara dikatakan Tjetjep keluarga AF sudah dinyatakan sembuh.

Ia mengatakan virus Covid-19 yang ada di tubuh AF cukup kuat. Hal yang sama pernah terjadi pada pasien sebelumnya di Kepri. "Kalau di Kepri mungkin ini pasien yang paling lama dirawat. Sebelumnya ada hingga 53 hari," sebutnya.

Namun Tjetjep memastikan jika kondisi AF saat ini dalam keadaan stabil, dan berat badannya juga naik selama menjalani perawatan. "Ia dirawat dengan baik mulai dengan gizi, olahraga dan psikologis.

"Ada hal menariknya. Kami sudah komunikasi dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP), jika ada penurunan virus. Mudah-mudahan cepat membaik. Yang jelas ia tetap semangat," ungkapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews