Update Covid-19 Batam 5 Juli: Karyawan Kapal Logistik Terkonfirmasi Positif

Update Covid-19 Batam 5 Juli: Karyawan Kapal Logistik Terkonfirmasi Positif

Ilustrasi.

Batam - Tim Gugus Tugas Kota Batam mengkonfirmasi satu tambahan kasus Covid-19, Minggu (5/7/2020). Seorang pria I (59) tercatat sebagai Kasus 240.

I merupakan seorang kru kapal beralamat sementara di salah satu hotel di Kawasan Nagoya, Kelurahan Lubuk Baja Kota, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam.

Sesuai dengan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dimilikinya ia adalah warga Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Sejak 6 Juni 2020, pria tersebut turun di Batam dari Kapal Logistik tempatnya bekerja. Ia menginap di salah satu hotel di kawasan Sungai Jodoh untuk tempat transitnya. 

Kemudian yang bersangkutan memeriksakan diri ke Klinik Medilab Batam untuk melakukan RDT secara mandiri guna memenuhi persyaratan penerbangan ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dengan hasil non reaktif.

Setelah mendapatkan seat penerbangan, yang bersangkutan mengatakan bahwa pada tanggal 8 Juni 2020 pergi ke Bandara Hang Nadim untuk berangkat ke Balikpapan namun pada saat akan cek in ditolak.

Petugas mengatakan surat keterangan sehat dan hasil RDT yang dibawanya tidak memenuhi syarat mengingat penerbangan ke Balikpapan harus transit di Bandara Seokarno Hatta. Sementara di Soetta, Pemerintah DKI Jakarta mempersyaratkan adanya hasil pemeriksaan swab (PCR) dan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta yang tidak dimilikinya. 

I kembali ke hotelnya sambil menunggu jadwal penerbangan yang memungkinkan terbang ke Balikpapan dan baru pada tanggal 1 Juli 2020 mendapatkan seat. 

Sebelum berangkat, yang bersangkutan kembali memeriksakan diri untuk RDT di Klinik medilab Batam yang diperoleh hasil reaktif dan oleh klinik medilab diserahkan tindaklanjutnya ke Puskesmas Lubuk Baja sesuai dengan wilayah hotel tempatnya menginap. 

Mengingat hasil RDT-nya reaktif, oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puskesmas Lubuk Baja kepada yang bersangkutan diedukasi untuk karantina/isolasi di RSKI Covid-19 Galang sambil menunggu pelaksanaan pemeriksaan Swab Tenggorokan. 

Selanjutnya pada tanggal 2 Juli 2020 dilakukan pemeriksaan swab, hasilnya diketahui pada hari ini positif.

Kondisinya dilaporkan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti. Saat ini sudah dalam masa perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatan di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Data Tim Gugus Tugas per 5 Juli 2020, sebanyak 240 kasus komulatif di Kota Batam dengan 192 kasus sembuh dan 12 meninggal. Sebanyak 36 pasien positif yang ada saat ini di Batam menunggu kesembuhan.

Sementara dalam rekapan harian, saat ini ada 68 sampel swab yang menunggu hasil pemeriksaan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews