Pintu Wisman Batam-Bintan Dibuka, Ini Tanggapan Singapura

Singapura. (Foto: Ilustrasi/tpsdave/Pixabay)

Batam - Kementerian Luar Negeri (Ministry of Foreign Affairs/MFA) Singapura merilis jika negara mereka belum merekomendasikan warganya berpergian ke luar negeri. Hal tersebut disampaikan dalam rilis yang diumumkan Jumat (3/7/2020).

Pada tanggal 2 Juli 2020, Menteri Luar Negeri Singapura, Dr Vivian Balakrishnan menerima panggilan telepon dari Menteri Koordinator Indonesia untuk Urusan Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan.

Luhut menyampaikan harapannya, terkait pariwisata Indonesia khusus di Batam-Bintan yang dibuka kembali. Ia berharap turis Singapura bisa kembali berkunjung, terutama Batam dan Bintan.

 

 

"Kedua Menteri setuju tentang pentingnya menjaga kerjasama bilateral positif bahkan di tengah pandemi COVID-19. Namun pembicaraan belum sampai pada diskusi spesifik tentang bursa dan kerjasama pariwisata," tulis MFA

Dikatakan MFA, Singapura secara bertahap membuka kembali perbatasan mereka secara progresif dan terkalibrasi.

"Sekaligus memastikan kesehatan dan keselamatan warga Singapura dan pengunjung internasional kami. Saat ini, warga Singapura masih disarankan untuk menunda semua perjalanan ke luar negeri," sebut MFA.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Menlu Singapura, Vivian Balakrishnan untuk mengabarkan bahwa Kepulauan Riau (Kepri) sudah siap menerima turis.

"Saya juga sudah menelpon Vivian, karena Lagoi (Bintan), mereka sudah siap menerima turis," ujar Luhut usai rapat terbatas di Nongsa Point Marina, Batam, Kepri, Kamis (2/7/2020).

Dari hasil komunikasi tersebut, Luhut menjelaskan bahwa Pemerintah Singapura dapat membuka jalur pelayaran internasional untuk kegiatan pariwisata setelah Pemilihan Umum di negara mereka selesai dilakukan. Untuk diketahui Pemilu di Singapura akan dilaksanakan pada 10 Juli 2020.

"Tadi disebutkan, tunggu selesai pemilu, mereka (Pemerintah Singapura,red) akan lihat," katanya.  

Kawasan wisata Lagoi berani menerima turis setelah melihat perkembangan kasus Covid-19 di Bintan yang hampir mencapai nol kasus. Tidak hanya kawasan wisata Lagoi, kawasan lainnya seperti Nongsa juga sudah siap menerima turis.

"Tadi saya juga sudah diminta supaya di sini (Nongsa) juga masuk (buka pelayaran)," jelasnya.

(fox)