Lima Merek Sepeda Lipat Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Mobil Baru

Lima Merek Sepeda Lipat Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Mobil Baru

Ilustrasi. (Foto: Sustrans)

Jakarta - Olahraga bersepeda kini menjadi tren di tengah pandemi Covid-19. Hampir di seluruh Indonesia, tren bersepeda ini hinggap di berbagai kalangan.

Toko sepeda pun diserbu pembeli. Saking tingginya permintaan, tak jarang toko sepeda kehabisan stok. Sepeda lipat menjadi salah satu jenis sepeda yang kini paling diburu.

Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 3 juta hingga ratusan juta rupiah per unit. Bahkan ada salah satu sepeda lipat yang seharga mobil Toyota Agya terbaru, di mana tipe termurahnya dibanderol Rp 143,8 juta.

Berikut lima sepeda lipat termahal di dunia yang dikutip Batamnews dari berbagai sumber:

1. Hummingbird Electric

 

Hummingbird pertama kali diluncurkan pada 2015 oleh Hummingbird Bike Company. Ini merupakan sepeda lipat paling ringan di dunia dengan bobot hanya 3 kilogram saja.

Hummingbird jadi sepeda lipat teringan lantaran menggunakan bahan serat karbon pada rangkanya. Serat karbonnya diproduksi oleh Prodrive Composites di Milton Keynes, Inggris.

Sepeda lipat Hummingbird Electric. [Instagram@hummingbird_bike]

Dikutip dari laman resmi Hummingbird Bike, harga sepeda lipat termahal dijual dengan harga 4.495 poundsterling atau setara Rp 79 juta untuk varian elektrik.

2. Brompton Chpt3 V2 2019

 

Brompton adalah salah satu produsen sepeda lipat terbesar di dunia. Mereka kini berinovasi membuat sepeda yang dilengkapi teknologi digital, dapat dilacak dan bisa diprogram.

Sepeda lipat Brompton Chpt3 V2 2019. [Instagram@br0mpton]

Harga sepeda lipat brompton bervariasi kendati semuanya berada di kelas premium.

Dari penelusuran Suara.com, salah satu yang termahal dijual dengan harga Rp 145 juta dengan seri Brompton Chpt3 V2 2019.

3. Allen Sports Ultra X

 

Dirilis pada awal 2015 dengan banderol harga 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 71 juta, Allen Sports Ultra X jadi salah satu sepeda lipat idaman para pegowes.

Sepeda lipat Allen Sports Ultra X. [Instagram]

Allen Sports Ultra X merupakan salah satu sepeda dengan bobot teringan yakni hanya 8kg, lebih ringan dari Brompton beroda kecil.

Sepeda lipat ini bisa mendapat bobot ringan lantaran seluruh perangkatnya dari mulai stang, bodi, garpu, tiang kursi, pelek, hingga sadelnya terbuat dari serat karbon.

4. Helix

 

Helix merupakan salah satu sepeda lipat dengan tampilan layaknya sepeda normal. Menggunakan rem cakram dan roda 24-inci, sepeda ini masih tergolong ringan yakni hanya berkisar 9 kg.

Sepeda lipat Helix. [Instagram@helix.bike]

Helix mengunakan komponen premium dalam pembuatannya. Rangka dan garpu sepeda menggunakan bahan titanium yang khusus dibuat di Toronto, Kanada.

Sepeda lipat Helix dengan spesifikasi termurah dijual dengan harga sekitar 1.500 dolar AS atau sekitar Rp 21 juta.

5. Airnimal Joey Endurance Plus

 

Mirip seperti Helix, Airnimal Joey Endurance Plus merupakan sepeda lipat dengan tampilan serupa sepeda biasa.

Dengan ban ukuran 26 inci, sepeda ini lebih mirip sepeda gunung saat direntangkan.

Sepeda lipat Airnimal Joey Endurance Plus. [Instagram@hummingbird_bike]

Namun, ukuran yang besar membuat sepeda ini butuh waktu sekitar 10 menit untuk bisa dilipat dengan presisi.

Dilansir bikeradar.com, harga sepeda lipat ini cukup menguras kantong yakni 2.499 poundsterling atau sekitar Rp 44 juta.

(dod)