Tips Menggelar Pernikahan di Era New Normal

Tips Menggelar Pernikahan di Era New Normal

Ilustrasi

Jakarta - Banyak pasangan yang terpaksa menunda pernikahan mereka karena pandemi Covid-19. Bila akhirnya akan terlaksana nanti, para calon pengantin pun harus bersiap dengan penyesuaian sana-sini agar acara pernikahan mereka bisa berjalan sesuai tatanan baru atau new normal.

Anjuran physical distancing yang sangat membatasi ruang gerak manusia dipastikan akan memengaruhi bagaimana cara pasangan menggelar pernikahan. Ini sekaligus menandakan bahwa pernikahan pernikahan berskala kecil atau intimate akan menjadi tren.*

*"Pasca-Covid-19 dan ketika lockdown usai, kami melihat akan ada banyak pasangan yang menikah dan caranya juga akan berubah. Alih-alih menggelar pesta pernikahan besar-besaran, mereka lebih memilih sesuatu yang lebih intim dan mengedepankan kebersihan dan norma social distancing," kata Sandeep Lodha yang memimpin sebuah wedding organizer di India, seperti dikutip Hindustan Times.

Berencana menggelar pernikahan dalam waktu dekat di era new normal? Berikut beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Lokasi di ruang terbuka

Ruang terbuka akan meninggalkan kesan lega dan lapang sehingga memudahkan para tamu jaga-jarak satu-sama lain. Pengaturan meja dan kursi juga perlu mendapat perhatian. Lebih baik menggunakan meja yang lebih besar agar tamu tetap dapat melakukan praktik physical distancing. Misal meja kapasitas 10 orang, hanya boleh ditempati lima orang.

2. Cara menyajikan makanan

Pesta atau resepsi pernikahan kurang lengkap tanpa sesi bersantap. Untuk katering berkonsep prasmanan, pastikan setiap hidangan harus memiliki satu petugas untuk melayani para tamu. Tamu dilarang mengambil makanannya sendiri demi mengurangi risiko penularan virus Corona.

3. Pernikahan virtual

Jika Anda belum siap bertemu banyak orang, maka tak ada salahnya melirik kemungkinan untuk menggelar pernikahan secara virtual. Keluarga dan tamu yang tinggal di luar daerah tak perlu ambil risiko untuk datang tapi tetap bisa 'menghadiri' pernikahan Anda. Sederhana, tak mengeluarkan biaya besar dan hemat waktu.

4. Standar kebersihan

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum ada obatnya, ketersediaan alat-alat kebersihan bukan harga yang bisa ditawar-tawar. Pastikan handsanitizer selalu tersedia, tamu juga memiliki akses yang mudah untuk cuci tangan. Praktik jaga jarak juga perlu mendapat perhatian.

(ruz)