Tips Cegah Berat Badan Naik Saat Berpuasa

Tips Cegah Berat Badan Naik Saat Berpuasa

Ilustrasi

Jakarta - Di bulan puasa, segelintir orang menemui masalah berat badan yang justru merangkak naik. Hal itu terjadi karena ketidakseimbangan asupan kalori dan aktivitas fisik selama berpuasa.

Agar tubuh mendapatkan kalori dalam jumlah seimbang, diperlukan kombinasi menu makanan sehat dan gerakan fisik secara rutin. Contoh aktivitas fisik sederhana adalah dengan berjalan kaki, naik turun tangga dan mobilitas lainnya yang bisa dilakukan di rumah. Dengan begitu, proses pengeluaran kalori akan lebih optimal apabila melakukan gerakan olahraga.

"Jenis makanan yang layak dikonsumsi untuk menjaga sistem imunitas tubuh dan ketika berpuasa adalah menu makanan yang memiliki manfaat untuk menjaga nutrisi, guna mencegah dehidrasi dan menjaga kualitas aktivitas keseharian," ujar Health Practitioner dari PT Avrtist Assurance dr. Herman Irawan dalam keterangan tertulis seperti dilansir Batamnews dari detikcom, Jumat (15/5/2020).

"Menu kaya protein (daging, telur, tahu tempe, serta kacang-kacangan), lemak, mineral, dan air. Konsumsi buah-buahan (jeruk, apel, atau melon) pada saat berbuka puasa berguna untuk mengembalikan hidrasi yang dialami ketika berpuasa," sambungnya.

"Beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh warga awam seperti jalan cepat, jogging santai atau bersepeda. Kegiatan tersebut dapat membakar antara 100 hingga 300 kalori dalam 45 menit. Tubuh menjadi ringan dan pikiran pun menjadi segar," katanya.

Berkaitan dengan anjuran #DiRumahAja selama bulan Ramadhan, PT Avrist Assurance (Avrist Assurance) menghadirkan sebuah gerakan kesehatan bertajuk Wellness Made Easy untuk menjaga kesehatan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Melalui Wellness Made Easy masyarakat diajak untuk tetap aktif bergerak melalui latihan sederhana dimana saja dan kapan saja (Movewell), serta mendorong kebiasaan makan makanan yang sehat dan seimbang untuk meningkatkan nutrisi (Eatwell) guna menjaga imunitas tubuh.

Avrist Assurance menyajikan Wellness Made Easy dalam bentuk kegiatan digital yang interaktif melalui microsite https://wellnessmadeeasy.id dan live streaming di Instagram yang terbagi dalam dua segmen, yaitu Eatwell dan Movewell. Kegiatan ini menggandeng figur di bidang makanan sehat dan kebugaran fisik.

Dalam segmen Eatwell, Avrist Assurance menggandeng Celebrity Chef Yuda Bustara untuk berbagi tips sederhana menyiapkan menu buka puasa melalui Instagram Live dari dapur pribadinya.

Chef Yuda menyiapkan menu sehat: Salmon in a Bag dan Pineapple Baby Spinach Juice. Sebuah tips cerdas mengolah ikan salmon dengan dibakar dan dipadukan dengan sayur segar, serta minuman sehat yang terdiri dari buah dan sayuran segar.

Pada segmen Movewell, Avrist Assurance mengajak coach Imey Lim, salah satu figure fitness online terkenal dengan memberikan kelas pilates guna menguatkan core fisik dalam bentuk Instagram Live berdurasi 60 menit. Penonton diberikan arahan secara virtual untuk belajar menguatkan core pada bagian perut dan paha, demi menjaga kebugaran tubuh hasil pembakaran kalori maksimal selama berpuasa.

Rangkaian interaksi digital melalui IG live dari figur online tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak lebih dari 3.000 penonton. Dari hasil kegiatan tersebut, Avrist Assurance akan menyerahkan paket donasi sumbangan berupa sembako bagi masyarakat yang terkena musibah dampak COVID-19.

"Kami sungguh berterima kasih yang sedalam-dalamnya atas partisipasi masyarakat Indonesia dimanapun berada atas tercapainya angka 3.000 paket donasi dari Avrist Assurance. Pencapaian ini merupakan wujud nyata rasa gotong royong dan manifestasi semangat warga Indonesia yang semakin erat di tengah-tengah masa pandemi," kata Head of Corporate Marketing Communications PT Avrist Assurance Ernest Febrianto.

Kami targetkan Wellness Made Easy untuk terus berlanjut hingga bulan Agustus ini. Semoga, masa pandemi cepat berlalu dan kami bisa menghadirkan Wellness Made Easy dengan program offline menarik dan bermanfaat bagi keluarga Indonesia," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews