5 Tambahan Kasus Covid di Batam Kontak Dekat TKA Asal China

5 Tambahan Kasus Covid di Batam Kontak Dekat TKA Asal China

Batam - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Kepulauan Riau, merilis penambahan 5 pasien positif, Kamis (25/6/2020). Sehingga secara kumulatif total pasien positif Covid-19 mencapai 218 orang.

Dari temuan, kasus tersebut merupakan kasus baru dan kontak dekat dari Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China. Mereka yang terkonfirmasi yakni, seorang Laki-laki berinisial LX, usia 52 tahun. Ia merupakan seorang TKA di salah satu perusahaan plastik Kawasan Kabil, Nongsa sebagai Mechnical Engineer.

Pasien nomor 214 Kota Batam ini tinggal di Mess Perusahaan di Kawasan Kabil juga. Dan diketahui pasien tersebut adalah kontak dekat dengan pasien nomor 204 Kota Batam.

Sebelumnya, diketahui pasien pada tanggal 4 Juni 2020 memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta dan kembali ke Batam pada keesokan harinya. Karena rekan sekerja terkonfirmasi positif, kemudian seluruh karyawan tempatnya bekerja dilakukan pemeriksaan Rapid Tes.
 
Selanjutnya, pasien nomor 215 Kota Batam merupakan seorang laki-laki berinisial K, usia 23 tahun. Ia bekerja di perrusahaan plastik di Kawasan Kabil, beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung, Kabil.

Pasien tersebut merupakan tenaga kerja lokal di Pabrik Plastik Kabil, Nongsa. Ia merupakan rekan sekerja dari Pasien nomor 204 Kota Batam, namun berbeda divisi serta dari pengakuannya tidak pernah kontak dengan pasien 204 tersebut.

Tetapi oleh tim dilakukan pemeriksaan Rapid Tes kepada seluruh karyawan tempatnya bekerja. Hasilnya Ia dinyatakan IgG Reaktif, kemudian dilanjutkan pemeriksaan swab tenggrokan dengan hasilnya terkonfirmasi positif.

Baca halaman berikutnya...

 

Pasien nomor 216 Kota Batam, seorang laki-laki berinisia AB usia 22 tahun. Ia merupakan seorang karyawan Perusahaan Plastik di Kabil, dan beralamat di perumahan Bengkong Sadai. Diketahui pasien tersebut merupakan tenaga kerja lokal di perusahaan tempat pasien nomor 204 Kota Batam.

Pasien nomor 217 Kota Batam, seorang laki-lali berinisial RPW usia 24 tahun. Ia merupakan karyawan perusahaan perfilman dan beralamat di kawasan rumah susun BPJS Batu Besar, Nongsa.

Diketahui pasien ini merupakan adik kandung dari Pasien nomor 208 Kota Batam, yang merupakan karyawan perusahaan plastik di Kawasan Kabil, Nongsa.

Terakhir, Pasien nomor 218 Kota Batam, seorang perempuan berinisial BR usia 33 tahun. Ia merupakan warga Pematang Siantar, Sumatera Utara. Saat ini beralamat sementara di Batam, yaitu salah satu hotel di kawasan Pelita, Lubuk Baja.

Dari riwayat perjalanannya, diketahui pada  tanggal 17 Juni 2020 bersama suaminya tiba di Batam, kemudian menginap di salah satu hotel di Batu Aji. Lalu pada tanggal 20 Juni 2020 melakukan pemeriksaan Rapid Tes, dan hasilnya dinyatakan reaktif.

Selanjutnya pihak klinik merujuk pasien tersebut ke Puskesmas Batu Aji untuk pemeriksaan swab tenggorokan, yang telah dijadwalkan pada tanggal 22 Juni 2020. Namun saat itu pasien ini tidak datang.

Oleh Tim Gugus Tugas, kemudian dilakukan pelacakan, dan diketahui sedang berada di ruang tunggu bandara Hang Nadim. Kemudian pasien dibawa ke RSKI Galang untuk pemeriksaan swab tenggorokan.

Hasilnya baru diketahui hari ini, dan terkonfirmasi positif. Sementara itu suaminya sudah berada Tanjung Pinang untuk bekerja. Kelima pasien tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews