Lanal Karimun Cari Bakat Calon Prajurit TNI AL

Lanal Karimun Cari Bakat Calon Prajurit TNI AL

Foto: Edo/Batamnews

Karimun - Sebanyak 45 anggota Saka bahari Kabupaten Karimun, mendapat sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI AL di Mako Lanal TBK di atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Pelawan.

Sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI AL itu, dilakukan oleh Pamong Saka Bahari dan Pembina Saka Bahari Lanal TBK, Minggu (21/6/2020).

Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Mandri Kartono mengatakan, hal ini kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), mengenai akan dibukanya pendidikan prajurit.

"Dibuka pendidikan prajurit TNI AL taruna/taruni, bintara, dan tamtama guna pemenuhan kebutuhan personel pengawak kapal perang," kata Mandri, Senin (22/6/2020)

Selain itu hal ini untuk memberikan semangat kepada para calon prajurit dari generasi muda Kabupaten Karimun agar termotivasi untuk bergabung dengan TNI AL.

"Kapal perang merupakan ujung tombak TNI AL, sehingga prajurit yang mengawaki harus qualified. Kami melihat generasi muda di Karimun mempunyai potensi yang besar untuk berpartisipasi mengabdi kepada negara melalui TNI AL. Karena secara budaya mereka adalah anak pulau yang telah terbiasa dengan tantangan di laut," kata Mandri.

Lanal TBK, juga memberikan pembinaan kepada anggota Saka Bahari binaan Lanal TBK mengenai tahapan bimbingan yang telah ditentukan seperti pembinaan fisik, psikotes, kesehatan.

Sejak beberapa bulan lalu melalui kegiatan pelatihan minat dan bakat diri yang langsung dilaksanakan oleh Dinas Psikologi TNI AL, dari 45 calon prajurit, telah terjaring 9 orang laki-laki dan 3 orang perempuan yang telah siap untuk mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi masuk TNI AL.

"Secara administrasi mereka sudah memenuhi persyaratan. Pun, perlu diketahui bahwa dalam mengikuti seleksi, pendaftar, tidak dipungut biaya," ucap Danlanal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews