Melihat Kesiapan Kawasan Industri Batam Terapkan New Normal

Melihat Kesiapan Kawasan Industri Batam Terapkan New Normal

Rombongan FKPD meninjau kesiapan industri di Batam menerapkan new normal. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengecek kesiapan tatanan kehidupan baru (new normal) di tiga perusahaan di kawasan industri Batam, Kepri, Jumat (18/6/2020). 

Pada kunjungan pertama, rombongan memilih PT Amtek di Kawasan Cammo Industrial Estate, kemudian dilanjutkan ke PT. Schneider Electronic Manufacturing Lot 4 di Kawasan Industri Batamindo dan terakhir ke PT. TDK Electronic Indonesia di Kawasan Industri Panbil. 

Dari peninjauan tersebut, Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan bahwa ketiga perusahaan yang telah dikunjungi semuanya telah konsern menerapkan protokol kesehatan. 

“Saya sudah lihat sendiri, memastikan bahwa memang diterapkan protokol kesehatan, antar karyawan ada jaga jarak,” ujar Isdianto. 

Dia menilai bahwa sejak ada kasus Covid-19 di Batam pertengahan Maret lalu, temuan kasus di industri hampir tidak ada. Hanya satu orang karyawan yang positif Covid-19 yaitu seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia di PT Amtek. 

Dari hasil peninjauan itu, Isdianto juga menyampaikan bahwa setiap perusahaan memiliki klinik sehingga bagi karyawan yang sakit, dapat langsung berobat ke klinik yang siaga selama 24 jam. 

“Jadi ada ruangan tersendiri, untuk dokter dapat memeriksa pasien,” kata dia. 

Selain itu, dari pihak perusahaan yang dikunjungi menginformasikan bahwa selama Covid-19 tidak ada pengurangan karyawan. Justru malah ada peningkatan produksi, dan ada perekrutan karyawan. 

“Jadi memang keputusan tidak ada PSBB di Batam merupakan keputusan yang tepat,” kata dia. 

Wali Kota Batam, HM Rudi mengakatan hal yang senada, bahwa perusahaan telah menerapkan protokol kesehatan. 

“Nanti juga akan meninjau hotel dan restoran,” ujar Rudi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews