Seorang Pasien Sembuh Corona di Batam Dinyatakan Terinfeksi Lagi

Seorang Pasien Sembuh Corona di Batam Dinyatakan Terinfeksi Lagi

ilustrasi.

Batam - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi menyampaikan ada kasus baru pasien positif Covid yang terinfeksi kembali (reinfeksi). 

Pasien tersebut merupakan Pasien 23 Kota Batam. Dengan demikian, kasus ini menjadi kasus pertama reinfeksi di Kota Batam. 

Pasien tersebut diketahui merupakan seorang pria berusia 52 tahun dan pegawai Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Batam, Ia sebelumnya telah dinyatakan sembuh setelah menjalani masa karantina mandiri di rumahnya. 

Kasus reinfeksi ini diketahui saat pasien tersebut akan melakukan perjalanan ke Jakarta, sehingga melaksanakan pemeriksaan rapid test dan hasilnya diketahui reaktif. Kemudian selanjutnya dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan, dan terkonfirmasi positif.

"Saat ini kondisi yang bersangkutan masih dalam keadaan stabil," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Kamis (11/6/2020). 

Didi menjelaskakan reinfeksi bisa saja terjadi dengan dua alasan, yaitu tertular strain baru dimana diketahui virus SARS-Cov-2 ada tiga tipe. Sehingga hal itu membuat sel memori tidak bekerja. “Atau bisa saja masih ada sisa virus di badan, yang siap muncul kembali,” katanya. 

Sementara itu untuk kasus baru ini kata Didi belum dilabeli penomoran kasus, karena termasuk reinfeksi. Sejauh ini kondisi pasien dalam keadaan stabil. Namun terkait kasus reinfeksi baru tersebut, Didi menyampaikan tidak ada protokol khusus. 

Pasien tersebut saat ini diminta untuk menjalani karantina di RS Galang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews