SpaceX Berhasil Orbitkan Dua Astronot NASA ke Luar Angkasa

SpaceX Berhasil Orbitkan Dua Astronot NASA ke Luar Angkasa

Peluncuran pesawat ruang angkasa SpaceX Falcon 9. (Foto: NASA TV via AFP)

Amerika - Agen antariksa swasta berbasis di AS SpaceX, sukses meluncurkan dua astronot NASA ke luar angkasa. Keduanya adalah Doug Hurley dan Bob Behnken.

hal ini menandai mengorbitya roket Falcon 9 besutan SpaceX dari Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Mengutip laman The Guardian via Tekno Liputan6.com, peluncuran roket Falcon 9 dan kapsul Crew Dragon dari Kennedy Space Center Florida ke International Space Station (ISS) menandai pertama kalinya sejak 2011, manusia telah meluncur ke orbit dari tanah AS.

Doug Hurley dan Bob Behnken menuju ke ISS dalam perjalanan selama 19 jam. Roket Falcon 9 lepas landas di tempat yang sama, saat NASA terakhir kali membawa astronaut ke antariksa pada 2011.

"Ini semua adalah hal paling murni yang ditawarkan AS," kata Administrator NASA Jim Bridenstine kepada Forbes setelah peluncuran.

"Saat ini adalah masa yang sangat sulit. Tapi saya berharap saat ini adalah kesempatan bagi semua orang untuk merenungkan kemanusiaan dan apa yang bisa kita lakukan ketika kita bekerja bersama," sambung Bridenstine.


Sempat Tertunda

Misi ini seharusnya berlangsung beberapa hari lalu, namun tertunda karena cuaca buruk. Faktor cuaca ini bahkan sempat membayangi jadwal peluncuran berikutnya, namun akhirnya diputuskan untuk berjalan.

"Ini adalah momen besar, di mana sudah 9 tahun sejak kami punya kesempatan besar seperti ini," kata Bridenstin menambahkan.

Sementara co-commander NASA Doug Hurley mengucapkan terima kasih atas keberhasilan SpaceX dalam misi ini.

"Terima kasih atas tumpangan manusia pertama untuk Falcon 9," kata Hurley dari dek penerbangan setelah Dragon mencapai orbit.

"Itu luar biasa ... menghargai semua kerja keras dan terima kasih atas perjalanan luar biasa ke ruang angkasa," tambahnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews