NASA Temukan Planet Terpanas di Galaksi

Ilustrasi

Jakarta - Para peneliti di NASA tengah mendalami sebuah planet yang baru ditemukan yang diberi nam KELT-9B. Planet ini menarik perhatian para peneliti karena memiliki suhu ekstrem, dengan panas mencapai 4.300 derajat Celcius.

Dengan suhu seperti itu, KELT-9B tercatat sebagai planet dengan suhu terpanas di jagat raya, yang pernah ditemukan manusia hingga saat ini. Bahkan, KELT-9B lebih panas dari kebanyakan bintang yang ada.

Ukuran planet yang baru ditemukan NASA ini sekitar tiga kali lipat lebih besar daripada Jupiter. Saking panasnya, suhu planet KELT-9B yang sangat ekstrem itu bisa sampai memecah molekul hidrogen yang ada di atmosfernya.

"Planet ini saking panasnya bisa memecah molekul yang ada di atmosfernya," tulis NASA seperti dikutip dari Digital Trends, Selasa (28/1/2020).

Lebih jauh lagi, peneliti melihat sisi terpanas planet ini berada pada bagian yang menghadap bintang, atau biasa dikenal dengan sisi 'dayside'.

Sementara molekul hidrogen yang hancur akibat panasnya itu, beterbangan ke sisi yang jauh dari bintang (nightside) dan kemudian berubah kembali menjadi hidrogen, sebelum akhirnya kembali pindah ke bagian dayside.

"Planet semacam ini punya temperatur sangat ekstrim, dan agak terpisah dari exoplanet lain. Ada juga Jupiter lain yang panas dan sangat panas, meski suhunya tak setinggi (KELT-9B) namun cukup panas untuk menimbulkan efek yang sama," papar Megan Mansfield, mahasiswa University of Chicago yang menuliskan makalah soal hasil temuan ini.

Dalam risetnya, para peneliti menggali informasi atmosfer di exoplanet dengan menggunakan teleskop Spitzer milik NASA, yang bisa menangkap suhu bervariasi pada atmofer exoplanet menggunakan gelombang infra merah.

Pada kesimpulan akhirnya, para peneliti NASA mengatakan bahwa planet yang jaraknya 670 juta tahun cahaya dengan temperatur yang sangat tinggi ini tidak bisa ditinggali oleh makhluk hidup.

(*)