NASA Berikan Pelatihan Astronaut Online Buat yang Bosan di Rumah

NASA Berikan Pelatihan Astronaut Online Buat yang Bosan di Rumah

NASA Berikan Pelatihan Astronaut Online Buat yang Bosan di Rumah (Foto: Time)

Jakarta -Siapa yang sekarang ini bermimpi untuk pindah ke luar angkasa? Apalagi saat ini kita harus terkurung di rumah dan dikelilingi berita mengkhawatirkan.

NASA dan ISS National Lab siap membantu menjelajahi luar angkasa dari rumah masing-masing. Mereka baru saja memperkenalkan sejumlah program untuk anak-anak yang terkurung di rumah termasuk latihan menjadi astronaut, meluncurkan roket dan lain-lain.

Dikutip dari Science Alert, Senin (13/4/2020) anak-anak bisa mengikuti jejak para astronaut dengan aktivitas terkait mata pelajaran sains seperti kesehatan, matematika, robotik dan fisika. Pelatihan ini juga dilengkapi panduan spesifik untuk anak-anak dari bangku TK hingga SMA.

Anak-anak yang mengikuti program ini bisa meniru eksperimen yang dilakukan astronaut di International Space Station (ISS) dan membandingkan hasilnya. Misalnya mengamati gravitasi mikro dengan material sederhana untuk mendemonstrasikan bagaimana astronaut melayang di angkasa.

Anak-anak juga bisa berkontribusi dengan eksperimen sains yang ada, seperti mencari planet dan bintang kerdil baru, melacak populasi penguin menggunakan data satelit dan melatih komputer untuk berpikir seperti ilmuwan untuk misi ke Mars di masa depan.

Hingga 22 April, anak-anak bisa memilih tumbuhan apa yang akan ditanam di ISS selanjutnya. Anak-anak bisa memilih di antara tiga legume, alfalfa, kacang hijau atau lentil, dan membantu ilmuwan menentukan mana yang paling cocok untuk ditanam di ISS.

Nantinya bibit tanaman ini akan dibawa oleh roket SpaceX untuk misi pengiriman kargo ke ISS pada Oktober mendatang.

Dalam menciptakan serangkaian aktivitas ini, NASA, ISS National Lab dan mitranya berharap bisa menginspirasi anak muda di tengah waktu yang sulit ini.

"Kami tahu banyak murid yang belajar di rumah saat ini, dan aktivitas hands-on sangat penting untuk menjaga murid-murid tetap terlibat dan belajar," kata ISS National Lab dalam keterangannya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews