Situasi Memanas di Perbatasan dengan India, Tentara China Berlatih di Ketinggian

 Situasi Memanas di Perbatasan dengan India, Tentara China Berlatih di Ketinggian

Tentara China.

Beijing - India dan China dalam sebulan terakhir terlibat ketegangan di perbatasan, tepatnya di garis demarkasi Line of Actual Control yang dibuat setelah Perang 1962 antara China dan India. Kedua negara sudah berusaha menyelesaikan masalah ini melalui jalur diplomatik namun selalu gagal.

Koran China, Global Times, merilis sebuah video kemarin yang memperlihatkan puluhan ribu Tentara Pembebasan Rakyat bergerak dari Provinsi Hubei menuju wilayah barat laut di daerah yang cukup tinggi untuk mengikuti latihan perang besar-besaran.

Dilansir dari laman Sputnik New, Minggu (7/6/2020), video itu beredar sehari setelah Kementerian Luar Negeri India mengatakan mereka dan China sudah sepakat melalui pembicaraan bilateral antara kedua pemimpin pasukan untuk menurunkan ketegangan secara damai di sepanjang garis perbatasan.

Ketegangan antara China dan India memburuk pada awal Mei setelah terjadi kontak senjata di Himalaya yang membuat belasan tentara di kedua pihak terluka. Usai bentrokan ini media India melaporkan New Delhi dan Beijing mengerahkan pasukan tambahan di perbatasan di kawasan Ladakh, wilayah di bawah kekuasaan India.

Tapi setelah kejadian itu, 250 tentara India dan China terlibat kontak senjata di tepi Danau Pangong di Ladakh, wilayah yang menjadi sengketa antara India, Pakistan, dan China selama beberapa dekade. Tentara dari kedua pihak sudah terluka dan bentrokan kerap terjadi. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews