Cari Kata `Racist` di Twitter, yang Muncul Akun Donald Trump

Cari Kata `Racist` di Twitter, yang Muncul Akun Donald Trump

Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP via Suara.com)

Jakarta - Akun Twitter resmi Presiden Amerika Serikat Donald Trump, @realDonaldTrump, ternyata jadi hasil pencarian teratas di platform media sosial tersebut untuk kata 'racist' alias rasis. 

Sejak Jumat (5/6), sejumlah pengguna Twitter menunjukkan akun Twitter Trump selalu muncul di pencarian teratas dalam tab 'People' saat mencari kata 'racist'. 

Akun-akun selain Trump yang muncul adalah mereka yang memiliki kata 'racist' di nama atau bio Twitter-nya. Dilansir CNET, juru bicara Twitter mengatakan rekomendasi pencarian dihasilkan algoritma yang bisa terbentuk dari mention sebuah akun bersama dengan kata kunci tertentu. Ini membuat pencarian istilah itu bisa saja memunculkan akun tersebut. 

Ternyata, memang banyak pengguna Twitter yang mention akun Twitter Donald Trump dengan kata 'racist' di dalamnya. Inilah yang membuat akun Trump selalu muncul di pencarian teratas kata 'racist' di Twitter. 

Insiden kematian orang kulit hitam George Floyd menimbulkan gerakan massa di AS untuk melawan rasisme. Trump sering mengeluarkan pernyataan-pernyataan terkait aksi protes kematian George Floyd ini di Twitter, yang memicu berbagai respons netizen. 

Bahkan, belakangan Trump juga terlihat sedang bersitegang dengan Twitter. Ini menyusul ditandainya beberapa kicauan Trump oleh Twitter terkait aksi protes tersebut yang dianggap melanggar kebijakan platform, salah satunya glorifikasi kekerasan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews