Kepala Dinkes Klaim Tanjungpinang Berstatus Zona Kuning Corona

Kepala Dinkes Klaim Tanjungpinang Berstatus Zona Kuning Corona

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam.

Tanjungpinang - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanjungpinang mengklaim ibukota Provinsi Kepulauan Riau itu kini berada di zona kuning Corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanjungpinang Rustam mengatakan klaim tersebut berdasarkan menurunnya jumlah kasus baru positif Corona.

"Kriteria penurunan level kewaspadaan Covid-19 di Tanjungpinang bukan dipengaruhi adanya kasus positif, melainkan menurunnya jumlah kasus positif  baru. Sudah lama memasuki zona kuning, sebelum lebaran, itu menurut klasifikasi dari Pemerintah Provinsi Kepri," kata Rustam, Jumat (5/6/2020).

Kasus positif Covid-19 di Tanjungpinang terakhir terkonfirmasi pada 2 Mei dan 26 Mei lalu. Meskipun kemarin ada tambahan, namun hal itu tidak menjadi perhitungan Rustam lantaran pasien positif bukan warga Tanjungpinang.

"Semalam ada penambahan satu lagi kasus positif, inisial IS, perempuan, 27 tahun. Tetapi bukan dari warga Tanjungpinang, tetapi kru atau penjaga kantin kapal KM Sabuk Nusantara 48,"  jelas Rustam yang juga Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang.

Tambahan kasus positif Corona ini merupakan hasil penelusuran kasus 2 kru kapal KM Sabuk Nusantara 48 yang terkonfirmasi positif beberapa waktu lalu.

"IS ini masuk dalam klustur KM Sabuk Nusantara 48, bukan masuk dalam kluster warga Tanjungpinang," ujarnya.

Diketahui perkembangan Covid-19 di Tanjungpinang per tanggal 4 Juni 2020, jumlah ODP di Tanjungpinang tersisa 11 orang, PDP sebanyak 3 orang dan positif aktif berjumlah 4 orang, 3 dirawat dan 1 karantina di rumah.

(adi)