Hasil Swab Ian Alexander Negatif, dari Mana Sumber Penularan Klaster Palm Spring?

Hasil Swab Ian Alexander Negatif, dari Mana Sumber Penularan Klaster Palm Spring?

Ilustrasi.

Batam - Sumber penularan virus Corona dari klaster Palm Spring di Batam, Kepulauan Riau sampai saat ini belum diketahui. Sedikitnya ada 11 orang pasien positif Corona yang masuk dalam klaster tersebut. 

Dari 11 orang pasien tersebut semua terhubung dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia, Ian Alexander. Sebelum meninggal dunia, Ian sempat dirawat di Rumah Sakit Awal Bros, Batam. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan Ian Alexander telah dilakukan pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT), dan hasilnya non-reaktif. Setelah itu pemeriksaan swab tenggorokan juga dilakukan. 

"Hasilnya negatif, satu kali swab saja," ujar Didi, Selasa (2/6/2020). 

Berdasarkan hasil RDT dan pemeriksaan swab tersebut, proses pemakaman jenazah Ian Alexander tidak menerapkan protap Covid-19, dimana jenazah harus dibungkus dengan plastik (wrapping), dan petugas pemulasaran jenazah memakai Alat Pelindung Diri (APD). 

"Karena rapid non reaktif, dan swab negatif, jadi sudah konklusif," kata Didi. 

Akan tetapi, pada faktanya setelah Ian Alexander tersebut meninggal dunia, keluarga maupun kerabatnya dilakukan pemeriksaan swab dan beberapa diantaranya terkonfirmasi positif. 

Kemudian dilakukan pengembangan kasus, kemudian diketahui dua pengemudi mobil jenazah yang membawa Ian Alexander terkonfirmasi positif. Tidak hanya itu, sementara ini dua orang yang hadir melayat kematian Ian Alexander juga terkonfirmasi positif. 

Didi menyebutkan penularan virus bisa terjadi dengan berbagai kemungkinan, dimana saat jenazah diturunkan dari ambulans di rumah ada banyak interaksi. 

"Tim lagi sedang mendalaminya," katanya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews