Tutup Kedutaan di Korea Utara, Inggris Evakuasi Seluruh Diplomat

Tutup Kedutaan di Korea Utara, Inggris Evakuasi Seluruh Diplomat

Bendera United Kingdom. (foto: ist)

Pyongyang - Pemerintah Inggris menutup kedutaan besar di Korea Utara dan mengevakuasi seluruh diplomatnya menyusul pengetatan kontrol masuk oleh negara komunis tersebut.

Korea Utara telah menutup perbatasannya dan menegaskan tidak ada satu pun kasus Corona di negara itu. Sehingga, efektif sejak Kamis (28/5/2020), Inggris menutup kedutaan besarnya.

"Larangan masuk ke negara itu membuat Pyongyang tidak memungkinkan untuk merotasi staf kami dan mempertahankan operasi Kedutaan", kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris dikutip Batamnews dari The Star.

"#BritishEmbassy di #Pyongyang ditutup sementara pada 27 Mei 2020 dan semua staf diplomatik telah meninggalkan #DPRK untuk saat ini," cuit Duta Besar Inggris untuk Korea Utara Colin Crooks di akun twitternya.

Situs berita NK News, mengatakan para diplomat Inggris melintasi perbatasan menuju Cina pada hari Rabu.

Inggris bermaksud untuk mempertahankan hubungan diplomatik dengan Korea Utara "dan akan berusaha untuk membangun kembali kehadiran mereka di Pyongyang.

Para analis mengatakan Korut tidak mungkin terhindar dari infeksi, dan sistem kesehatannya yang bobrok bisa berjuang untuk mengatasi wabah besar. 

(dod)